Seminar Nasional Bimbingan Konseling Fakultas Tarbiyah dan Keguruan dengan Tema “PHOBIA KONSELING”, Wajar Gak Sih Kita Takut Konseling ?

Pekanbaru, 25 Juni 2022- Telah berlangsung acara seminar Nasional yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Suska Riau di Aula lantai tiga Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Suska Riau. Adapun acara ini terbuka untuk mahasiswa maupun masyarakat umum. Dalam acara seminar nasional ini mengangkat tema “Phobia Konseling : Wajar Gak Sih Kita Takut Konseling?”. Tema ini diangkat karena dilatarbelakangi banyak Remaja yang takut dengan guru BK di sekolah dan beranggapan bahwa ruang BK merupakan tempat yang mengerikan. Oleh karena itu Himpunan Mahasiswa Jurusan Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Suska Riau  memiliki keinginan memberikan pemahaman tentang Phobia Konseling tersebut. Sehingga nantinya diharapkan setiap mahasiswa maupun calon Guru BK mengetahui bahwasannya konseling itu tidak perlu ditakutkan karena konseling adalah memberikan bantuan dalam penyelesaian masalah klien dan mengembangkan potensi yang dimiliki klien. Bukan hanya untuk menangani klien bermasalah saja akan tetapi bisa menjadi tempat curhat klien.

Pemaparan materi oleh ibu Dr. Lilik Sriyanti melalui aplikasi zoom meeting online
Pemaparan materi oleh ibu Dr. Lilik Sriyanti, M.Si melalui aplikasi zoom meeting online 

Adapun acara ini diawali dengan pembukaan oleh MC, Pembacaan ayat Al-Qur’an, tari persembahan, Pemutaran lagu Indonesia raya, pemutaran lagu mars UIN Suska Riau, Laporan ketua panitia, sambutan ketua himpunan mahasiswa jurusan manajemen pendidikan Islam fakultas tarbiyah dan keguruan UIN Suska Riau, Sambutan ketua prodi manajemen pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Suska Riau  oleh ibu  Dr. Yuliharti, M.Ag , sambutan ketua prodi Bimbingan Konseling Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Suska Riau oleh ibu Dr. Alfiah, M.Ag, sambutan wakil dekan bidang III oleh ibu Dr. Amirah Diniaty, M.Pd., Kons dan pembukaan acara secara resmi oleh MC. Setelah rangkaian tersebut, acara dilanjutkan dengan pemaparan materi dengan pembicara pertama  oleh ibu Dr. Lilik Sriyanti, M.Si yang merupakan dosen prodi BK IAIN Salatiga.  Kemudian Pemateri kedua oleh ibu  Dra. Hj. Elni Yakub, M.Si yang merupakan dosen prodi BK Universitas Riau. Dan pemateri ketiga oleh ibu Nike Wahyuni, M.Psi yang merupakan Guru BK SMP Al-Azhar Syifa Budi Pekanbaru dan praktisi konseling.

Lalu pada akhir acara diadakan pemberian piagam untuk pemateri. Setelah itu dilanjutkan dengan pemberian doorprize bagi mahasiswa yang memberikan kesimpulan menarik dari materi yang telah disampaikan. Dilanjutkan dengan pembacaan doa penutup serta sesi foto bersama. (Julia)

About admin bkpi

Check Also

KALENDEK AKADEMIK UIN SUSKA RIAU TAHUN 2022-2023

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

https://bkpi.uin-suska.ac.id/