Optimalisasi Pencapaian Karakter Siswa Melalui Kerjasama Prodi BKPI dan SMP Islam As-shofa Pekanbaru

bkpi.uin-suska.ac.id. SMP Islam As-shofa Pekanbaru melakukan kunjungan ke  FTK UIN Suska Riau pada hari kamis (19/08/2021)/ 10 Muharam 1443 H, Pagi.

Foto Dosen BKPI dan Guru SMP As-shofa
Foto Dosen BKPI di SMP As-shofa

Dalam rangka pengembangan Tridharma Perguruan Tinggi, maka Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau melakukan penandatangan kerja sama dengan SMP Islam As-Shofa Pekanbaru. Penandatangana MOA dilakukan oleh Dr. Alfiah, M.Ag selaku ketua prodi BKPI dan Wiwit Muliana, S.Si selaku Kepala SMP Islam As-shofa Pekanbaru dan diketahui oleh Dr. H. Kadar, M.Ag selaku Dekan FTK UIN Suska Riau.

pembahasan isi nota kesepakatan di SMP As-shofa

Nota kesepakatan ini mengangkat 3 isu penting: 1) Sinergitas potensi kedua belah pihak dalam mengembangkan bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat secara maksimal, dalam pengembangan sumber daya manusia, 2) Optimalisasi pencapaian karakter siswa SMP Islam As-shofa Pekanbaru  3)Pelaksanaan PPL BKPI dalam rangka pendalaman karakter konseling di sekolah.

Berkenaan dengan itu, adab harus ditanamkan dalam proses Pendidikan, sebagaimana juga dilakukan di Yayasan Assofa  Pekanbaru khususnya di SMP IT. Dalam pertemuan tanggal 3 Agustus 2021 lewat media zoom antara dosen prodi BKPI FTK UIN Suska Riau dengan pimpinan dan guru bimbingan dan konseling (BK) SMP IT Yayasan Assofa Pekanbaru diketahui bahwa telah dikembangkan 5 karakter pada siswa baik dari tingkat Taman Kanak-kanak sampai Sekolah Menangah Atas Yayasan Assofa. 5 karakter tersebut yaitu: Jujur, Bertanggungjawab, Mandiri, Cinta ilmu dan Peduli. Upaya untuk menanamkan lima karakter ini sudah dilakukan dengan berbagai cara baik melalui proses pembelajaran di dalam kelas maupun di luar kelas melalui kegiatan ekstrakurikuler yang melibat semua pihak yang terkait dalam proses pendidikan di Yayasan Assofa Pekanbaru. Namun tantangan yang besar dari globalisasi dan perkembangan teknologi sehingga pengembangan karakter ini, dirasakan pihak sekolah belum optimal. Masih banyak ditemukannya siswa yang memiliki karakter yang bertolak belakang dari karakter yang sudah ditetapakan oleh Yayasan Assofa Pekanbaru. Untuk itu perlu adanya kegiatan kolaborasi dengan akademisi dalam hal ini prodi Bimbingan Konseling Pendidikan Islam FTK UIN Suska Riau untuk membantu pihak Yayasan dalam hal ini adalah guru BK mencari dan menemukan solusi dari permasalahan tersebut.

Pembahasan setelah pendatanganan MOA di ruang Dekan FTK UIN Suska Riau

Adapun tujuan dari kegiatan ini adalah untuk Membantu Yayasan Pendidikan Assofa khususnya guru BK meningkatkan capaian karakter siswa SMP IT Assofa (Jujur, Bertanggungjawab, Mandiri, Cinta ilmu dan Peduli), dengan memberikan produk dalam bentuk: Pendampingan guru BK SMP IT Assofa meningkatkan capaian karakter siswa SMP IT Assaofa dan Peningkatan capaian karakter siswa SMP IT Assofa (Jujur, Bertanggungjawab, Mandiri, Cinta ilmu dan Peduli baik dari aspek kuantitas maupun kualitas.

 

 

About admin bkpi

Check Also

KALENDEK AKADEMIK UIN SUSKA RIAU TAHUN 2022-2023

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *