KULIAH DOSEN TAMU DAN SOSIALISASI PRODI S2&S3 DAN PROGRAM PROFESI KONSELING (PPK)

 

Program studi Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sultan Syarif Kasim Riau menyelenggarakan kuliah dosen tamu prodi BKPI FTK UIN Sultan Syarif Kasim Riau dan Sosialisasi Prodi S2 dan S3 BK UNP. kegiatan ini dilaksanakan secaara online melalui aplikasi Zoom Meeting Sabtu, 18 Juni 2022 pukul 08.30-selesai

kegiatan ini dihadiri oleh Wakil Dekan III Fakultas tarbiyah dan keguruan UIN Sultan Syarif Kasim Riau ibu Dr. Amirah Dinianty M.Pd Kons, ketua Prodi BKPI Ibu Dr. Dra, Alfiah. M.Ag, sekretaris Prodi Ibu Suci Habibah M.Pd dan dosen BKPI lainnya. Narasumber dalam kegiatan ini Bapak Prof. Dr. Firman. MS.,Kons  Prof. Dr.Neviyarni S., M.S., Kons dan Ibu Dr. Yenikarneli, M.Pd., Kons.

Peserta dalam kegiatan ini dihadiri juga dari luar negri yaitu negara  malaisya dan luar provinsi seperti sumatra, jawa, kalimantan, dan sulawesi serta Mahasiswa BKPI UIN Suska riau dan mahasiswa dari universitas lainnya.

Prof.Dr.Firman,M.,Kons

 

Prof.Dr.Firman,Ms.Kons menjelaskan tentang Pendidikan Revolusi dalam Peradaban Masyarakat 5.0 yang mana pada zaman sekarang manusia menyelesaikan masalah sosialnya melalui pengintegrasian dan ruang fisik untuk mencapai kesejahteraan dan kebahagiaan, yang mana apabila menyelesaikan permasalahan dengan menggunakan pengintegrasian ini akan mampu melatih kemampuan leader ship, kemampuan komunikasi, digital intelegensi, emosional, kerja tim dan pemecahan masalah.

Dr. Yeni Karneli, M.Pd. Kons menyampaikan bahwa pendidikan profesi konselor ini (PPK) merupakan bentuk nyata kelembagaan resmi yang menghasilkan tenaga yang akan bergelar profesi dalam bidang BK, yaitu konselor. Program studi pendidikan profesi konselor dijurusan BK FIP UNP.  tujuan khusus dari program PPK ini adalah memperoleh pengalaman prakter tersupervisi setara dengan standar profesi konseling, yaitu 600 jam nyata, mempperoleh gelar profesi konselor dan mendapatkan persyaratan dasar untuk membuka praktek pribadi (privat) pelayanan bimbingan konseling di tengah masyarakat.

materi dari narasumber berikutnya mensosialisasikan Program S2 dan S3 Bimbingan Konseling di Universitas Negri Padang dalam sosialisai ini Ibu Prof .Dr.neviyarni S., MS., Kons menjelaskan bahwa program Magister S2 BK di UNP sudah Terakreditas A sedangkan untuk S3 nya sudah terakreditas B.

Terakhir, Ibu Dr. Dra Alfiah ., M.Ag berharap kepada mahasiswa khususnya BKPI UIN Sultan Syarif Kasim Riau agar  tetap bisa mendapatkan informasi dan pengetahuan yang cukup melalui kegiatan kuliah tamu  online tersebut. Sehingga, pengetahuan itu dapat menjadi bekal bagi mahasiswa ketika mereka bekerja dan terjun langsung ke masyarakat. (Eliza)

MC Acara

 

Pembacaan ayat suci Al-Quran

 

Wakil Dekan III FTK
Dr.Amirah Diniyarti M.pd Kons

About admin bkpi

Check Also

PROGRAM STUDI BIMBINGAN DAN KONSELING PENDIDIKAN ISLAM MENYAMBUT MAHASISWA BARU TAHUN 2022

Perkenalan dengan Mahasiswa Baru S-1 BKPI UIN Suska Riau dilaksanakan pada Selasa, 2 September 2022 …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *