VISITING  PROFESOR KERJASAMA FAKULTAS TARBIYAH  DAN KEGURUAN UIN  SULTAN SYARIF KASIM RIAU DENGAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU UNIVERSITAS RIAU  IMPLEMENTASI KEGIATAN OLEH PRODI BKPI UIN SUSKA RIAU DAN PRODI BK FKIP UNRI

Senin, 22 Mei 2023. Prodi Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam menyelenggarakan  Acara Visiting  Profesor Kerjasama Fakultas Tarbiyah  dan Keguruan UIN  Sultan Syarif Kasim Riau dengan Fakultas Keguruan dan Ilmu Universitas Riau  Implementasi kegiatan oleh Prodi BKPI UIN Sultan Syarif Kasim Riau dan Prodi BK FKIP UNRI di Aula Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sultan Syarif Kasim Riau dan acara ini dimulai pada pukul 08.30 WIB-selesai. Sebagai tema yang diambil dalam acara ini adalah Inovasi Media Layanan BK: Peluang dan Tantangan Di Era Society 5.0. Dalam acara ini Prof. Dr. Mahdum, M.Pd. sebagai Narasumber menyampaikan beberapa poin penting tentang Society 5.0 adalah masyarakat yang dapat menyelesaikan berbagai tantangan dan permasalahan sosial dengan memanfaaatkan berbagai inovasi yang lahir di era Revolusi industri 4.0 Society 5.0  juga dapat diiartikan sebagai sebuah konsep masyarakat yang berpusat pada manusia dan berbasis teknologi.       Ubah pola fikir: Penghalang terbesar untuk inovasi adalah cara berfikir . perubahan adalah peluang, bukan  acaman  dengan demikian , para pendidikan perlu  membangun harga diri , efikasi dini, dan ketahanan dalam menghadapi kebutuhan akan masyarakat super cerdas . “Pengubah terbesar adalah guru di Era Society5.0 :Literasi,Critical thinking, Numeran. Dan beberapa cirri-ciri  dari Era Society 5.0 : Inklusif dan networking, bisa memanfaatkan teknologi,dan menciptakan lapangan kerja.

     Ada Beberapa Tantangan Di Era Society 5.0 : Kesenjangan digital, Privasi dan perlindungan data pribadi, perubahan besar tenaga kerja masa depan, dan ketergantungan pada teknologi. Ada Tiga hal yang harus dimanfaatkan  pendidik di era society 5.0.

  1. Internet of  things pada dunia pendidikan (IoT)
  2. Virtual / Augmented reality dalam  dunia  pendidikan
  3. Pemanfaatan  Artificial Intelligence (AI)  dalam dunia pendidikan untuk mengetahui serta mengidentifikasi kebutuhan  pembelajaran yang dibutuhkan oleh pelajar.

Prof. Dr. Mahdum, M .Pd mengatakan juga ada Mindset Hukum PIKIRAN : Anda akan mendapatkan aksi  atau respons dari pikiran bahwah sadar anda sesuai dengan fikiran  sadar atau  ide yang ada di pikiran  sadar anda. Pikiran bawah sadar akan melakukan  semua hal yang  dibutuhkan untuk bisa mewujudkan apa pun perintah yang masuk ke dalamnya.” Mengajar 20%, mendidik 80%. Pesan Prof. Dr. Mahdum, M.Pd. yaitu  konselor adalah  ujung tombak konseling inovatif, Teknologi tidak bisa menggantikan konselor., teknologi adalah alat, ukuran kecerdasan manusia, terletak pada kemampuanya untuk  berubah, sebelum anda mengubah cara berfikir dan cara memandang maka anda  belum dapat disebut  berhasil. Dan Mindset adalah kepercayaan ada dalam kasadaran kita, dan kita dapat merubahnya.

About suci habibah

Check Also

PENGUMUMAN SELEKSI WAWANCARA DAN VERIFIKASI UANG KULIAH TUNGGAL (UKT) MAHASISWA BARU 2024

Pekanbaru,24 April 2024. Dengan telah diumumkannya hasil seleksi Mahasiswa Baru Universitas Islam Negeri Sultan Syarif …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *