WORKSHOP NASIONAL BIMBINGAN DAN KONSELING PENDIDIKAN ISLAM

Pekanbaru Jum’at – Sabtu 25 s/d 26 November 2022 Program Studi Bimbingan Konseling pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan keguruan Universitas Islam Negri Sultan Syarif Kasim Riau mengadakan Workshop Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam dengan Tema “Implikasi Layanan Bimbingan dan Konseling (BK) dalam Kurikulum Merdeka” kegiatan ini berlangsung di Gedung Islamic Center Universitas Islam Negri Sultan syarif Kasim Riau kegiatan workshop Nasional ini di taja oleh mahasiswa BKPI semester lima bekerjasama dengan Laboratarium Bimbingan Konseling Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

Kegiatan ini dihadiri oleh Wakil Dekan III Fakultas tarbiyah dan Keguruan Ibu Dr. Amirah diniaty M.Pd Kons, ketua Program Studi Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam ibu Dr. Alfiah M.Ag, Sekretaris Program Studi Bimbingan Konseling Pendidikan Islam, Ibu Suci Habibah M.Pd, Bapak Ibu Dosen Program Studi Bimbingan Konseling Pendidikan Islam serta Pemateri yang luar biasa Ibu Ana Susanti M.Pd, CEP, CH,CHt, bapak H Candra Harahap, S.Pd.,I, M.Pd, dan Mahasiswa Program Studi Bimbingan Konseling Pendidikan islam.

Kegiatan Workshop Nasional Bimbingan dan Konseling bertujuan agar mahasiswa Prodi Bimbingan Konseling Pendidikan Islam memahami cara mengimplementasikan Bimbingan Konseling dalam Kurikulum Merdeka. Didalam Workshop ini mahasiswa BKPI diajarkan tentang cara menggunakan aplikasi Bimbingan konseling dalam cara pembuatan angket untuk mendapatkan data peserta didik.

Selain itu kegiatan Workshop Nasional ini juga mengimplementasikan cara pembuatan Rencana Pelaksanaan Layanan (RPL) dan Modul Ajar kepada mahasiswa Program Studi Bimbingan Konseling Pendidikan Islam, terkait dengan Kurikulum Merdeka belajar. Selama mengikuti kegiatan ini mahasiswa Bimbingan Konseling pendidikan islam diberikan penugasan membuat modul ajar dengan cara perkelompok, dimana penugasan ini bertujuan untuk melatih mahasiswa dalam membuat modul ajar dan dipresentasikan pada hari kedua.

Kegiatan Workshop Nasional dilakukan bertepatan dengan hari guru nasional yang memberikan suatu makna penting bagi seorang guru, kususnya bagi mahasiswa Program Studi Bimbingan Konseling Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negri Sultan Syarif Kasim Riau yang nantinya akan menjadi Guru Bimbingan Konseling.

Dengan adanya kegiatan Workshop Nasional ini semoga Mahasiswa Program Studi Bimbingan Konseling pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negri Sultan Syarif Kasim Riau agar nantinya mampu menjadi guru BK yang kreatif dan inovatif. (Eliza)

About admin bkpi

Check Also

KULIAH LUAR KAMPUS

PRAKTIK KONSELING POPULASI KHUSUS DALAM MENINGKATKAN PENERIMAAN DIRI DAN SELF RESILIENSI PADA LANSIA DI PANTI KRESNA …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *