PENGAPLIKASIAN ART THERAPY BERSAMA MAHASISWA BKPI DI SUNGAI HIJAU

Hari Senin, 19 Desember 2022. Mahasiswa program studi Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam semester 5 melakukan kegiatan rekreasi bersama ke sungai hijau, kabupaten Kampar, Bangkinang. Kegiatan rekreasi tersebut dilakukan bersamaan dengan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dan pelaksanaan layanan bimbingan kelompok di SMAN Kampar Timur. Kegiatan ini dilakukan dalam rangka untuk penyegaran jasmani dan rohani, mempererat tali silahturahmi dan mengaplikasikan art therapy bersama.   

Art therapy merupakan salah satu metode terapi yang digunakan untuk mendukung kesehatan mental menggunakan media dan karya seni serta proses kreatif. Proses kreatif ini bisa mneggunakan banyak pendekatan seperti menggambar, bernyayi, bermain usik, menari, membuat puisi dan lain sebagainya. Dalam kegiatan pengaplikasian art therapy yang dilakukan oleh semester 5 ini menggunakan pendekatan membuat puisi. Dalam pembutan puisi tersebut, mahasiswa prodi BKPI semester 5 diminta untuk saling berpasangan dan berpencar untuk mencari 10 benda di sekitaran sungai hijau tersebut. Setelah mendapat 10 benda tersebut, mahasiswa diminta untuk membuat puisi sesuai dengan suasana hati yang sedang dirasakan dari 10 benda yang telah dicari serta membacakannya.

Dalam kegiatan pengaplikasi art therapy di sungai hijau yang didampingi oleh dosen-dosen program studi bimbingan dan konseling pendidikan islam yakni ibu Dr. Hj. Alfiah, M.Ag selaku ketua prodi BKPI, ibu Dr. Amirah Diniaty, M. Pd. Kons selaku dosen yang akan membimbing dalam pengaplikasian art therapy dan ibu Hasgimianti, S. Pd., M. Pd., Kons selaku dosen prodi BKPI.  (Nadia)

About admin bkpi

Check Also

Bakti Konseling Masyarakat Layanan informasi pada anak

Program Studi Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam mengadakan kegiatan  Bakti Konzeling Masyarakat (BAKOMAS) Layanan Informasi …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *