Implementasi Program Kampus Merdeka, Prodi BKPI Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN SUSKA RIAU Tanda Tangani MoU dan MoA dengan Tiga Perguruan Tinggi Negeri di Sumatera Barat

Prodi Bimbingan Konseling Pendidikan Islam  Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Suska Riau mengadakan penandatangan Kerjasama (MoA) dengan prodi Bimbingan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Padang, Jurusan Bimbingan dan Konselig Pendidikan Islam IAIN Batu Sangkar dan Jurusan Bimbingan dan Konseling UIN Imam Bonjol dalam rangka mendukung program implementasi kurikulum merdeka belajar.

IAIN Batusangkar
MoA di UIN Imam Bonjol Padang                       
MoU di UNP

Pada kesempatan tersebut kedua belah pihak menyepakati hal-hal yang bisa saling berkolaborasi dalam mewujudkan Pendidikan yang bermutu sebagai implementasi dari program kampus merdeka, dalam rangka merdeka belajar.  Dalam MOA yang telah disepakati terdapat beberapa poin kerjasama diantaranya dalam bidang pendidikan, penyelenggaraan merdeka belajar kampus merdeka seperti kuliah dosen tamu, pertukaran mahasiswa PPL, Webinar dan Kolaborasi kegiatan mahasiswa.

Kemudian melakukan kolaborasi dalam bidang penelitian dan publikasi ilmiah, pengabdian kepada masyarakat serta peningkatan kualitas sumber daya manusia. Jurusan Bimbingan dan Konseling  Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Batusangkar pada tanggal 14 Oktober 2021 Menyepakati beberapa  kegiatan kerjasama dalam bentuk implementasi langsung, seperti: menjadi Dosen Tamu , Melakukan Penelitian Kolaboratif, Pelatihan Layanan BK Online bagi Mahasiswa yang akan PPL,  Pengabdian Kepada Masyarakat Kolaboratif dengan kegiatan Pendampingan dan pembentukan Karakter Siswa di sekolah/Madrasah, Mengadakan Kegiatan Ormawa/HMJ Kolaborasi Nasional dan Internasional berupa Pelatihan Kepemimpinan dan Lomba Konten Kreatif Bimbingan Konseling, baik kelompok dan individu.

Pelaksanaan MoA di IAIN Batusangkar
MoA di UIN Imam Bonjol

Bersama Program Studi Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri  Imam Bonjol disepakati kegiatan yang akan  dilakukan berupa: FGD Kurikulum BKPI yang berbasis MBKM, Menjadi Dosen Tamu, Saling Tukar Artikel Jurnal dan Penulisan Jurnal Kolaborasi, Pendampingan Layanan BK di sekolah dan madrasah secara Kolaborasi, Webinar BK Nasional dan Internasional , Pelatihan Layanan BK Online bagi Dosen dan Guru BK.

Pada tanggal 15 Oktober 2021 bertempat di aula Universitas Negeri Padang yang dilaksanakan kegiatan penandatanganan kerjasama antara Prodi bimbingan dan konseling pendidikan Islam dengan Prodi BK fakultas ilmu pendidikan universitas negeri Padang. Kerjasama dilakukan meliputi bidang pendidikan dan pengajaran, penelitian dan publikasi ilmiah, serta pengabdian masyarakat. Selain itu di di upayakan bentuk kerjasama untuk mensukseskan program Merdeka belajar kampus merdeka yaitu pertukaran dosen dan mahasiswa dalam matakuliah yang disepakati. Tawaran kerjasama dari Prodi BK FIP UNP juga dalam bentuk menyelenggarakan webinar bersama, lomba lomba dalam bidang keilmuan BK antar mahasiswa dan dosen, dan pengembangan keilmuan BK yang terintegrasi dengan keislaman. Penandatanganan kerjasama ini ini langsung dilakukan oleh ketua Prodi BK FIP UNP profesor Firman MS dan dari Prodi BK diwakili oleh wakil dekan 3 FTK UIN Suska Riau Dr. Amirah Diniaty, M.Pd., kons. Diharapkan ke depan kerja sama yang sudah terjalin mulai dari pendirian Prodi bkpi dapat terus dilakukan dengan Prodi BK UNP.

MoU dengan UNP

 

 

 

 

 

 

About admin bkpi

Check Also

KULIAH LUAR KAMPUS

PRAKTIK KONSELING POPULASI KHUSUS DALAM MENINGKATKAN PENERIMAAN DIRI DAN SELF RESILIENSI PADA LANSIA DI PANTI KRESNA …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *