BIMTEK OPTIMALISASI PENGGUNAAN MEDIA PERKULIAHAN ONLINE BAGI MAHASISWA DAN DOSEN BKPI

Prodi BKPI FTK UIN Suska Riau, menyelenggarakan  Bimtek Optimalisasi Penggunaan Media Perkuliahan Online bagi  mahasiswa dan dosen, dengan nara sumber M.Fahli Zatrahadi, M.Pd (dosen BKPI  FTK UIN Suska): kegiatan bimtek untuk mahasiswa baru dilaksanakan Jumat 31 oktober 2020 pukul 13.30 sampai 16.00, sementara untuk dosen dilaksanakan hari berikutnya Sabtu  1 Nov 2020, pukul 10-12.00.

Kegiatan bimtek ini dilaksanakan dari hasil evaluasi melalui wawancara dan informasi dari mahasiswa dan dosen setelah perkuliahan daring berlangsung selama 3 kali pertemuan. Ada mahasiswa yang mengalami kesulitan dalam menggunakan zoom dan aplikasi online untuk perkuliahan. Sementara dosen juga meminta upgrade skill dalam mengoptimalkan penggunaan zoom dan google classroom untuk perkuliahan daring.

M.Fahli Zatrahadi, M.pd, selaku narasumber memiliki skill IT yang mumpuni sehingga dapat menyampaikan pengalaman dan trik-trik dalam menggunaan aplikasi zoom meeting dan google meet untuk mahasiswa. Aplikasi zoom lebih kaya dari  fitur-fitur yang tersedia, lebih lengkap dan lebih mudah karena bisa merekam materi perkuliahan. Mahasiswa diajarkan bagaimana menghemat kuota, dan share screen menggunakan android. Selain itu bagaimana membuat ppt menarik juga dilatihkan bagi mahasiswa baru BKPI. Mahasiswa antusias mengikuti bimtek. Mahasiswa yang mengalami kendala signal saat menggunakan zoom, diberikan kesempatan  mengikuti kegiatan melalui channel Youtube.

Kegiatan bimtek bagi dosen bukan hanya membahas trik menggunakan aplikasi zoom dan google meet, namun juga dilatihkan penggunaan media untuk ujian online yang otomatis untuk penilaiannya. Kegiatan ini menurut Ketua Prodi BKPI, diharapkan dapat menjadi wadah bagi dosen berbagi pengalaman menggunakan media IT dalam perkuliahan daring dan mengupgrade kemampuan dan skill ITnya.

About admin bkpi

Check Also

KULIAH LUAR KAMPUS

PRAKTIK KONSELING POPULASI KHUSUS DALAM MENINGKATKAN PENERIMAAN DIRI DAN SELF RESILIENSI PADA LANSIA DI PANTI KRESNA …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *