DOSEN BKPI MENJADI NARA SUMBER DALAM ACARA WORKSHOP NASIONAL PD ABKIN PROVINSI RIAU

Asosiasi Bimbingan dan Konseling Indonesia (ABKIN) Provinsi Riau mengadakan acara pelantikan pengurus cabang ABKIN Se Provinsi Riau sekaligus Workshop Nasional dengan tema “Layanan Bimbingan dan Konseling Cepat Tanggap Berbasis IT pada Masa Pandemi COVID 19”.  Acara ini menggunakan Zoom Meeting yang berlangsung selama 3 Hari yaitu tanggal 10, 12, dan 14 oktober 2020.  Sambutan pada acara ini pertama diberikan oleh Ketua Pembina ABKIN Riau  Prof. Dr. Zulfaan Saam, M.S dan dilanjutkan sambutan Ketua PB ABKIN Prof. Dr. Muh. Farozi, M. Pd, dalam sambutannya beliau sangat mengapresiasi sekali Pelantikan PC serentak yang dilakukan oleh PC ABKIN Provinsi Riau karena menjadi satu-satunya yang baru melakukan pelantikan pengurus dan akan direkomendasikan kepada pengurus ABKIN di Provinsi lain.

Adapun PD ABKIN Riau periode 2020-2024 diketuai oleh Drs. Yunan Rauf, M.Pd. Dosen BKPI FTK UIN Suska Riau juga menjadi pengurus daerah ABKIN Propinsi Riau seperti Dr. Tohirin, M.Pd, menjadi Pembina Dr. Amirah Diniaty, M.Pd, Kons menjadi Wakil Ketua Umum, Dr. Riswani, M.Ed Koordinator, Hasgimianti,M.Pd, Kons, Raja Rahima, M.Pd, Kons dan M. Fahli Zatrahadi, M.Pd selaku anggota pengurus. Pelantikan PD ABKIN Periode ini dilakukan pada tanggal 5 Januari 2020.

Foto Pelantikan PD ABKIN Propinsi Riau Periode 2020-2024

Pembukaan acara workshop ini disampaikan oleh Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Riau Drs. Zul Ikram, M. pd. Acara pelantikan ini ditujukan kepada Pengurus Cabang ABKIN Provinsi Riau yang terdiri dari Perwakilan Guru BK setiap Daerah, Dosen BK Universitas Riau, dan Dosen BKPI UIN Suska RIAU. Pelantikan berjalan lancar dan dilanjutkan dengan Workshop Nasional.

Narasumber pertama pada Workshop Nasional ini adalah M. Fahli Zatra Hadi, M. Pd yang merupakan Dosen BKPI UIN Suska Riau. Materi yang disampaikan terkait penggunaan aplikasi virtual untuk pelayanan BK.  Narasumber menjelaskan mengenai konseling online dan macam-macam media online yang dapat membantu Guru BK dalam pemberian layanan seperti aplikasi zoom meeting, google meet, WA, SMS, Email, Facebook, Line. M. Fahli Zatra Hadi, M. Pd menegaskan bahwa semua media yang terkoneksi dengan internet bisa digunakan untuk konseling online karena konseling online itu sifatnya fleksibel. Kelebihan dan kekurangan masing-masing media online tersebut, mulai dari kuota, keamaan dsb.

 

 

Acara hari pertama berjalan lancer mulai dari pembukaan, pelantikan dan workshop hari pertama selesai. Kegiatan ini juga live streaming di kanal youtube, dan diikuti oleh mahasiswa BKPI https://www.youtube.com/watch?v=bwpg6a45GBE.

Narasumber hari kedua adalah Dr. Ramdani, M. pd., MH. Beliau memberikan materi mengenai startegi kolaborasi dalam pelayanan BK berbasis IT. Dalam penyampaian materinya beliau menjelaskan pelayanan bk harus menggunakan mitra kolaborasi agar pelaksanaannya lebih efektif karena bisa membantu guru BK dalam pelaksanaan layanan. Salah satu mitra kolaborasninya seperti orangtua, guru kelas, teman sebaya, amasyarakat  yang bisa menjadi fasilitator antara guru bk dan siswa. Beliau juga menjelaskan bagaimana mengatasi kendala pelayanan BK berbasis IT seperti menggunakan video atau voice recorder serta mengevalusai layanan menggunakan otobiografi. Setelah itu dilanjutkan nara sumber selanjutnya yaitu M. Arli Rusnadi, M. Pd dengan material pemanfaatan media IT dalam pelayanan BK Acara hari kedua berjalan lancer dan  beberapa peserta workshop yang bertanya.

Untuk materi workshop hari ketiga disampaikan oleh Nike Wahyuni, S. Psi  dan Afrida yeni, M. Pd dengan materi Best Pertice pelayanan BK di SMP dan SMA sederajat Berbasis IT. Kedua guru BK ini menjelaskan peran Guru BK selama pandemic dan melakukan kegiatan langsung kepada siswanya. Peran tersebut meliputi membantu siswa dalam mengembangkan life skil, mengatasi hambatan peserta didik dalam belajar di rumah, pengembangan karakater baik di rumah, semua peran guru tersebut sudah pernah dilakukan beliau selama masa pandemic, pelaksanaan program BK tetap dilaksanakan selama masa pandemic. Pada hari ketiga terjadi diskusi antara narasumber dan peserta workshop yang sangat dinamis dan antusias sehingga acara pada hari ketiga ini berjalan lancar sampai dilakukan penutupan acara.

About admin bkpi

Check Also

PRAKTISI MENGAJAR MENGAJAR PRDI BIMBINGAN DAN KONSELING PENDIDIKAN ISLAM MENGENAL ANAK JALANAN DAN PROSPEK LAYANAN KONSELING

Pada tanggal 27 Maret 2024, Program Studi Bimbingan dan Konseling Islam menggelar kegiatan praktisi mengajar …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *