FGD PENYUSUNAN JUKNIS TUGAS AKHIR MAHASISWA GUNA MENGANTISIPASI KENDALA DAN TANTANGAN PANDEMIC COVID 19

Ka. prodi BKPI dan beberapa dosen pengampu mata kuliah metode penelitian, bersama tim Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) UIN Suska Riau  menjadi pelaksana kegiatan FGD ( Fokus Group Discution), secara virtual  menggunakan aplikasi zoom , dengan tema “ Penyelesaian Tugas Akhir Mahasiswa FTK ditengah Pandemi Covid 19”. Senin, 5 Oktober 2020.

Sebelumnya Tim Adhock Penyusun juknis ( diketuai oleh Dr. Yenni Kurniawati, M.Pd) telah bekerja dengan Surat Tugas Dekan FTK, meliputi juknis library research (Koordinator Dr. Asmuri, M.Ag), penelitian yang menggunakan pengumpulan data secara daring (koordinator Dr. Amirah Diniaty, M.Pd, Kons), penyusunan buku (Koordinator Dr. Jon Pamil, M.Ag), Pengembangan bahan ajar (koordinator Dr. Granita), dan penulisan artikel (koordinator M.Fahli Zatrahadi, M.Pd). Tim telah bekerja selama satu bulan, menghasilkan draf juknis yang dibahas oleh lima nara sumber dalam  FGD tersebut. Kelima narasumber tersebut yakni Prof. H. Raihani, M.Ed, Ph.D (Dosen tetap  FTK ) yang menyampaikan materi tentang  Penelitian Daring: Pendekatan Kualitatif, Drs. Promadi, MA., Ph,D (WR III UIN Suska Riau) menyampaikan materi tentang Pembuatan Bahan Ajar, Dr. Abdul Hadi, S.Pd., MA menyampaikan materi tentang Penelitian Daring: Pendekatan Kuantitatif, Dr. Hartono, M.Pd menyampaikan materi tentang pembuatan buku, Dr. Sukma Erni, M.Pd menyampaikan materi tentang Library Research.

Dekan FTK UIN Suska Riau Dr. H.M Syaifuddin,S.Ag., M.Ag secara resmi membuka kegiatan FGD. Bagi Prodi BKPI sendiri ini materi Juknis ini menjadi dasar pertimbangan dalam mengarahkan mahasiswa untuk menguasai skill teknologi yang diperlukan ketika mereka nanti akan melakukan penelitian. Selain itu, juga memberikan kontribusi penting bagi dosen mata kuliah metode penelitian untuk mengembangkan silabus dan materi yang akan dibahas dalam perkuliahan. 

Seteleh kelima orang narasumber tersebut menyampaikan materinya, kegiatan Fgd dilanjutkan dengan Tanya jawab. Dalam sesi Tanya jawab tersebut, banyak peserta mengajukan pertanyaan bagaimana cara penulisan tugas akhir di masa pandemi seperti sekarang ini.

Kemudian hasil dari FGD melalui zoom meting ini akan dibahas kembali oleh tim yang bertugas untuk merumuskan cara penulisan tugas akhir dimasa pandemi ini. 

 

About admin bkpi

Check Also

BAKTI KONSELING MASYARAKAT LAYANAN INFORMASI : MEMBINA KELUARGA SAKINAH MAWADAH WARAHMAH

Minggu, 17 Desember 2023 Program Studi Bimbingan Konseling Pendidikkan Islam mengadakan Bakti Konseling Masyarakat di …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *