WORKSHOP SOSIALISASI, EVALUASI DAN PELUANG PENERIMAAN BEASISWA  UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU TAHUN 2020

Mahasiswa Prodi BKPI mengikuti kegiatan sosialisasi, evaluasi dan peluang penerimaan beasiswa UIN Suska Riau, dilaksanakan pada tanggal 8 Oktober 2020 melalui zoom dan kanal Youtube (https://www.youtube.com/watch?v=9Ct7umTG-5g) . Kegiatan dilaksanakan terjadwal untuk masing-masing mahasiswa per fakultas. Mahasiswa BKPI mendapat jadwal sesi siang pukul 13 – 14 WIB, setelah fakultas Dakwah dan Komunikasi.

Dr. Promadi, M.A selaku Wakil Rektor III bidang kemahasiswaan menjelaskan dalam sambutannya bahwa beasiswa diberikan sebagai salah satu cara untuk mencerdaskan anak bangsa. Pengalaman beliau sendiri mendapatkan beasiswa sampai melanjutkan pendidikan ke luar negeri. Tidak ada kata menyerah untuk mencapai kesuksesan dalam belajar. Diharapkan mahasiswa dapat mengoptimalkan studinya dan tidak terkendala dengan biaya, sehingga dapat membanggakan orang tua.

Kabag Kemahasiswa Sarmadi menjelaskan ada tujuh jenis beasiswa yang dikelola di UIN Suska Riau untuk mendukung prestasi mahasiswa

  1. Beasiswa pemda. Bantuan ini berupa biaya pendidikan dan penulisan skripsi
  2. Beasiswa dari organisasi seperti dari Cevron, Bank Indonesia.
  3. Beasiswa dari Dinas pendidikan seperti beasiswa prestasi, Bidikmisi, dan beasiswa tahfiz. Untuk beasiswa tahfiz ini diberikan bagi mahasiswa yang telah memeiliki surat keterangan atau piagam tahfiz. Untuk 2019 mahasiswa UIN Suska Riau yang mendapatkan beasiswa tahfis ini berjumlah 25 orang melalui seleksi tes.
  4. Beasiswa Baznas Pusat
  5. Beasiswa BIDIK MISI UIN Suska, diberikan bagi mahasiswa di semester 5 dan 7 yang merupakan kelanjutan dari beasiswa dari semester 1, dilihat dari prestasi IPK harus diatas 3,25. Jika persyaratan utama ini tidak terpenuhi (IPK turun) maka otomatis akan distop pemeberian beasiswa, dan diserahkan kepada mahasiswa lain yang lebih berhak
  6. Beasiswa Kartu Indonesia Pintar (KIP) diperuntukkan bagi mahasiswa kurang mampu yang memiliki KIP, surat keterangan tidak mampu.
  7. Beasiswa dalam bentuk keringanan UKT bagi anak yatim dari UIN Suska Riau.

Peluang beasiswa ini perlu dicari oleh mahasiswa secara proaktif  karena informasi beasiswa tersistematisasi secara online dan sangat terikat dengan waktu. Untuk itu dihimbau mahasiswa agar dapat mengupdate website UIN Suska, dan jeli mencari informasi di dunia maya. Selanjutnya persyaratan untuk setiap peluang beasiswa perlu disiapkan mahasiswa secara serius, yang akan dilanjutkan dengan proses seleksi, yang bisa dilakukan oleh tim UIN Suska Riau, dan pihak pemberi beasiswa di luar UIN Suska Riau.

 

 

About admin bkpi

Check Also

KULIAH LUAR KAMPUS

PRAKTIK KONSELING POPULASI KHUSUS DALAM MENINGKATKAN PENERIMAAN DIRI DAN SELF RESILIENSI PADA LANSIA DI PANTI KRESNA …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *