Pengabdian Masyarakat Bagi Guru dan Orang Tua Siswa Yayasan Darel Fadila

Sabtu, 10 Juli 2021, Tim Dosen Prodi BKPI melakukan kegiatan pengabdian masyrakat bagi guru SD, SMP dan SMA Yayasan Darel fadila dengan tema Empowement Kemampuan Guru Dalam Melakukan Diagnosis Kesulitan Belajar Jarak Jauh yang dialami Siswa, di aula Yayasan Darel Fadila Jl. Sidomulyo Kota Pekanbaru. Hadir dalam kesempatan ini sebanyak 20 orang guru sebagai peserta, dan kegiatan dilaksanakan dengan tetap memperhatikan dan mematuhi protokol pencegahan COVID 19.

Dra. Hj.Hefni Yulia selaku Ketua Yayasan Darel Fadila, menyambut baik kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh Tim Dosen BKPI dan berharap kegiatan semacam ini dapat dilakukan secara berkesinambungan. Terutama membantu memberikan pencerahan dan edukasi bagi guru dan orang tua agar terjalin sinergitas dalam mencapai hasil pembelajaran yang terbaik bagi siswa, selama masa sulit pandemi ini.

Sebagai pembicara dalam kegiatan Dr. Amirah Diniaty, M.Pd, Kons dan Raja Rahima, M.Pd, Kons, melakukan dialog dan sharing informasi dengan para guru. Antusiasme guru mengikuti kegiatan ini, terlihat dari keaktifan dan pertanyaan yang muncul dikalangan guru tenatng bagaimana solusi menghadapi orang tua yang tidak menguasai teknologi dalam mendampingi anak selama belajar daring di rumah. Solusi yang ditawarkan narasumber diantaranya adalah perlunya guru melakukan home visit atau kunjungan rumah untuk membantu orang tua memahami media online yang digunakan anak dalam belajar. Harapannya pihak yayasan juga memberikan fasilitas dan pendanaan agar kegiatan home visit yang dilakukan guru dapat berjalan dengan lancar dan mendatangkan hasil yang positif untuk mengatasi kesulitan belajar anak.

Dalam kesempatan yang sama juga dilaksanakan pengabdian masyarakat bagi orang tua siswa oleh tim dosen BKPI dengan mengangkat tema Pendampingan Bagi Orang tua Menjadi Pendidik Tangguh untuk Anak dalam Pembelajaran Jarak Jauh di Masa Pandemic COVID 19. Kegiatan dilaksanakan dalam bentuk konseling kelompok, yang dihadiri oleh 10 orang perwakilan orang tua siswa karena mengingat protokol pencegahan COVID 19 yang tidak bisa dilaksanakan dalam jumlah yang lebih banyak.

Kedua kegiatan ini, merupakan tindaklanjut dari perjanjian kerjasama yang sudah dilaksanakan oleh Prodi BKPI dengan pimpinan Yayasan Darel Fadila. Kegiatan ini tidak saja menjadi sarana untuk peningkatan kinerja guru, dan edukasi bagi orang tua, tetapi juga sebagai wadah praktik dan menimba pengalaman melakukan pengabdian masyarakat bagi mahasiswa BKPI yang ikut serta pada kegiatan ini.

 

About admin bkpi

Check Also

KULIAH LUAR KAMPUS

PRAKTIK KONSELING POPULASI KHUSUS DALAM MENINGKATKAN PENERIMAAN DIRI DAN SELF RESILIENSI PADA LANSIA DI PANTI KRESNA …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *