Silaturahmi dan tindaklanjut kerjasama bidang Pendidikan dan Penelitian dengan BK IAIN Batusangkar

Kerjasama yang dijalin antar Prodi BKPI FTK UIN Suska Riau, dan Jurusan BK IAIN Batusangkar terus dilakukan setelah penandatanganan kerjasama Februari 2021. Ketua Prodi BKPI Dr. Amirah Diniaty, M.Pd, Kons bersama 4 orang dosen BKPI yaitu Raja Rahima, M.Pd Kons, Hasgimianti, M.Pd, Kons, Suci habibah, M.Pd, M.Subhan, M.Ed serta Admin BKPI Fitri Eliya, S.Sos , juga empat orang perwakilan mahasiswa Prodi BKPI melakukan kunjungan silaturahmi dan studi banding ke kampus IAIN Batusangkar, pada hari Kamis, 24 Juni 2021 di. Kedatangan rombongan disambut hangat oleh Dr. Adripen,M.Pd Dekan Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Batusangkar beserta pimpinan fakultas Wakil Dekan 1  Dr. Masril, M.Pd.Kons,WD2.Dr. Gustina, M.Pd, Wd3  Dr. Elda Herlina, M.Pd dan Kajur BK IAIN Batusangkar Dr. Dasril, M.Pd.

Dekan FTIK IAIN Batusangkar mengapresiapsi kerjasama ini dalam bentuk tindaklanjut kegiatan dibidang pendidikan dan penelitian, yang dilakukan oleh tim dosen Prodi BKPI UIN Suska Riau di IAIN Batusangkar. Kedepan sedang disiapkan panduang kerjasama dan evaluasi untuk melihat kepuasan dalam jalinan kerjasama, sehingga dapat ditindaklanjuti dalam bentuk berlanjutnya kerjasama atau dihentikan.  Wujud kerjasama tidak hanya dalam bentuk kertas MoA tetapi diharpkan ada kegiatan kolaboratif seperti seminar bersama, penelitian, dan sharing informasi antar perguruan tinggi.

Dalam kesempatan itu M.Subhan, MEd. menjadi dosen tamu dalam kegiatan  kuliah dosen tamu bagi mahasiswa BK IAIN Batusangkar dengan materi  Persiapan Karir Mahasiswa Bimbingan Konseling Menghadapi Tuntutan dan Persiapan di Era 5.0.  Mahasiswa BK IAIN di Batusangkar mendapatkan  motivasi, ilmu, dan juga wawasan tentang persiapan karir .  Antusiasme  mereka luar biasa,  memperhatikan, menyimak setiap penjelasan nara sumber. Dinamika diskusi dan tanya jawab dari mahasiswa BK IAIN Batusangkar menunjukkan ketertarikan dan kebermanfaatan materi yang dibahas.

Bersamaan dengan kegiatan itu juga dilakukan Kegiatan FGD penelitian salah satu dosen prodi BKPI Dr. Amirah Diniaty, M.Pd, Kons yang mendapat hibah penelitian on going 2021 dengan judul Literasi Media Sosial dan religiusitas : Studi pada mahasiswa di PTKIN dan PTU se Indonesia. Kegiatan ini melibatkan dosen IAIN Batusangkar dan mahasiswa Prodi BKPI UIN Suska Riau sebagai pembantu peneliti. FGD ini bertujuan untuk bertukar pendapat dan juga sumber data terkait permasalahan penelitian. Diskusi hangat dan dinamis terjadi tentang persepsi dosen-dosen IAIN Batusangkar bahwa ada kecenderungan mahasiswa dari perguruan tinggi umum lebih religiuitas dari pada mahasiswa perguruan tinggi Islam, disebabkan oleh berbagai faktor diantaranya latarbelakang pendidikan dan ekonomi orang tua, organisasi keagamaan yang diikuti, fasilitas dan prasarana peribadatan yang tersedia di kampus dan regulasi yang mengatur program keagamaan di masing-masing perguruan tinggi. Dosen IAIN Batusangkar yang menjadi peserta FGD sekaligu menjadi collector data dalam penelitian ini.

About admin bkpi

Check Also

KULIAH LUAR KAMPUS

PRAKTIK KONSELING POPULASI KHUSUS DALAM MENINGKATKAN PENERIMAAN DIRI DAN SELF RESILIENSI PADA LANSIA DI PANTI KRESNA …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *