Implementasi Merdeka Belajar dengan Webinar Teknik Labor Konseling ditaja Prodi BKPI

Tuntutan merdeka belajar memberi peluang bagi mahasiswa untuk aktif dan kreatif serta penuh inovasi dalam menjalani perkuliahan. Untuk itu, salah satu bentuk implementasi kurikulum merdeka belajar pada mata kuliah teknik laboratorium konseling adalah mahasiswa diberikan kesempatan menjadi pemateri sekaligus event organizer kegiatan webinar serta mengundang narasumber profesional sesuai dengan masing-masing topik pembahasan yang ada dalam silabus perkuliahan.

Webinar Teknik Laboratorium Konseling Series 1 dilaksanakan pada hari Selasa, 27 April 2021, dengan nara sumber Dr. Sofia Hardani, M.Ag Dosen dosen fakultas Syariah dan Hukum UIN Suska Riau, pakar dibidang hukum keluarga. Tema yang diangkat dalam webinar adalah permasalahan pada rumah tangga dan peran konseling dalam penangannya. Dalam kegiatan ini sebagai pemateri adalah mahasiswa yang ditunjuk membedah artikel jurnal terkait dengan tema, dan dibahas bersama nara sumber. Ikut sebagai peserta dalam kegiatan ini mahasiswa BK IAIN Batusangkar, mitra kerjasama prodi BKPI FTK UIN Suska (Perjanjian kerjasama telah ditandatangani sejak Februari 2021).Kegiatan menggunakan aplikasi zoom meeting ini juga live streaming di youtube BKPI.

Webinar Series 2 Teknik laboratorium konseling mengangkat tema Narkoba dan zat adiktif, cara pencegahan, penanganan dan pelayanan konselingnya. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Jumat tanggal 30 April 2021, dengan nara sumber bapak Iwan Hasyim S.IP.M.T Kepala Bagian Umum BNN Provinsi Riau. Topik ini dibahas oleh pemateri mahasiswa dengan membedah artikel terkait tema , dan dibahas oleh nara sumber. Kegiatan ini  diikuti oleh Mahasiswa Prodi BKPI dan Prodi BK IAIN Batusangkar. Diskusi menarik seputar pencegahan dan upaya rehabilitasi pengguna narkoba, menjadi wawasan baru bagi mahasiswa dimana mereka nantinya akan menjadi garda depan berhadapan dengan masyarakat untuk mensosialisasikan pencegahan penggunaan narkoba tersebut.

Kegiatan ini juga di ikuti secara live di Youtube BKPI dalam link ini : https://www.youtube.com/watch?v=-f2Pe1yfyAU

Kegiatan webinar teklab series 3 mengangkat tema LGBT dan Penyakit Kelamin serta Alat Kontrasepsi (Pencegahan Masalah, Penganannya, serta pelayanan konseling) dengan menghadirkan narasumber dokter Esprida Sihombing, tenaga medis BNN Provinsi Riau). BNN Provinsi Riau sebagai salah satu mitra UIN Suska Riau, berkolaborasi dalam program merdeka belajar dengan bentuk kegiatan webinar ini. Kegiatan ini juga diikuti oleh mahasiswa prodi BKPI, BK IAIN Batusangkar.

About admin bkpi

Check Also

OSGC (Olimpiade Smart Guidence and Counseling)

Selasa, 10 September 2023 Himpunan mahasiswa Program Studi Bimbingan Konseling Pendidikkan Islam mengadakan olimpiade  smart …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *