Acara Puncak Lomba Essai Populer Nasional Kolaborasi Prodi BKPI dan Tadris IPA

Sejak awal tahun 2020 Pandemi Covid 19 telah memaksa dilaksanakannya pembelajaran offline menjadi jarak jauh atau online atau atau daring. Selama hampir dua tahun baik siswa, mahasiswa, guru dan dosen memiliki banyak pengalaman menarik menjalani pembelajaran jarak jauh ini.

Pengalaman ini perlu diberikan wadah untuk dipublikasikan dalam bentuk tulisan atau essai popular, sehingga terdokumentasikan dan dapat dibaca oleh masyarakat luas. Hal ini lah yang melatarbelakangi kami Prodi Tadris IPA dan BKPI berinisiatif melaksanakan Kegiatan Lomba Menulis Essai Populer Nasional, sekaligus memperingati Hari Pendidikan Nasional yang yang jatuh setiap tanggal 2 Mei.

Untuk itu Kamis, 6 Mei 2021 diselenggarakan acara puncak lomba essai populer nasional yang ditaja oleh Prodi BKPI kolaborasi dengan Tadris IPA.

Dr. Amirah Diniaty, M.Pd, Kons selaku ketua panitia melaporkan dalam acara pembukaan bahwa  khusus tujuan kegiatan ini dilaksanakan adalah untuk :

  1. Menarik minat siswa, mahasiswa, guru dan dosen mengembangkan potensi dan skill menulis sehingga meningkatkan kemampuan literasi dan budaya akademik dilingkungan masyarakat Pendidikan khususnya dan masyarakat pada umumnya.
  2. Mencari dan menemukan ide-ide kreaktif pengalaman selama melakukan pembelajaran jarak jauh yang dimiliki siswa, mahasiswa, guru, dan dosen untuk dapat didokumentasikan menjadi sebuah buku dan dapat dibaca oleh masyarakat luas.
  3. Siswa, mahasiswa, guru dan dosen mampu menyampaikan secara lisan pengalaman menarik untuk dijadikan contoh dan teladan dalam pelaksanaan pembelajaran jarak jauh dimasa datang.

Lomba ini dilaksanakan di tingkat nasional, dengan 3 kategori yaitu tingkat (1) siswa sekolah menengah, (2) mahasiswa dan (3) guru dan dosen dengan tidak dibatasi oleh status Lembaga milik swasta atau pemerintah.

Penyelengggaraan lomba sudah dimulai dari Pendaftaran   artikel   : 15 – 30 April 2021 yang dikirim melalui email panitia oleh peserta

Dewan juri melakukan penilaian     selama empati hari dari  tanggal 1 – 4 Mei 2021 pada 74 buah naskah essai yang masuk dari 11 provinsi  yaitu  Riau (32 naskah essai), Jawa Timur (22 naskah essai), Jawa Tengah (5 naskah essai), Sulawesi Tenggara (4 Naskah Essai), Jawa Barat (3 Naskah essai), Sulawesi Selatan (2 Naskah Essai), Yogyakarta (2 naskah essai), dan 1 Naskah essai yang masuk dari provinsi Banten, Jambi, Sumater Barat dan Sumatera Utara.

Penilaian oleh dewan juri dilakukan secara objektif dimana naskah yang dinilai tanpa identitas peserta. Setiap naskah dinilai oleh 3 dewan juri professional yang terdiri dari dosen dan wartawan serta peraih prestasi nasional penulis. Untuk itu kami mengucapkan terimakasih kepada dewan Juri.

Juri Kategori Pelajar:1. Dinni Ramayani, S.Pd 2. R. Hariyani Susanti, M.Hum. 3. Welli Marlisa, M.Pd.

Juri Kategori Mahasiswa: 1. Afdhal Kusumanegara, M.Pd. 2. Vera Sardila, M.Pd. 3. Winda Trimelia Utami,S.Pd

Juri Kategori Guru & Dosen: 1. Dr. Martius, M.Hum. 2. Dr.Molli Wahyuni, S.Si, M.Pd. 3. Dr. Nursalim, M.Pd.

Dalam acara puncak diumumkan finalis, presentasi artikel terbaik oleh para finalis.

Peserta yang dinilai oleh dewan juri masuk dalam finalis diminta menyampaikan konten essai secara lisan dan juara satu untuk setiap kategori akan diminta menjadi narasumber dalam talkshow yang akan kita ikuti disesi akhir dalam acara siang ini.

Untuk para pemenang, mendapatkan piala dari dekan Fak. Tarbiyah dan keguruan UIN Suska Riau, uang tunai dari Wakil Dekan FTK, Prodi BKPI dan Tadris IPA dan sponsorhip kita Bank Syariah Indonesia Cabang Sudirman 2 Banks Syariah Indonesia Cab. Pekanbaru, dan juga sertifikat juara.

 

Semua naskah essai dibukukan sehingga dapat dibaca oleh masyarakat secara luas, yang akan dilauncing dalam kegiatan ulang tahun prodi Tadris IPA FTK UIN Suska pada tanggal 10 Mei 2021 ini.

Hasil keputusan dewan juri tentang pemenang pada masing-masing kategori sebagai berikut:

Kategori pelajar =

  1. Azzahra Putri Khaira dari SMP Al azhar 37 Pekanbaru
  2. Raina Aidahayu Chaya Azis dari SMAN 1 Trengalek/Jawa Timur
  3. Fatika Ageng Sekar Taji 10.05 dari SMAN 1 Pulung Ponorogo jawa Timur

Kategori mahasiswa =

  1. Nadifa Salsabila Nizar dari Universitas Sebelas Maret Solo Jawa Tengah
  2. Wandi Saputra dari Universitas Jambi
  3. Anisa Siti Nur jannah dari Universitas negeri Yogyakarta

Kategori Pendidik =

  1. Afdhal Kusumanegara dari UIN Suska Riau
  2. Hamidullah Ibda, M.Pd dari STAINU Temanggung Jawa tengah
  3. Sumarni, M.Psi dari SMPN 45 Pekanbaru

Setelah pengumuman pemenang dilaksanakan Talkshow dengan para pemenang tentang pengalaman mereka mejalani pembelajaran online dan tanya jawab dengan audien yang mengikuti kegiatan di zoom.

Kegiatan ini dapat dilihat dalam link youtube Fakultas Tarbiyah UIN Suska Riau: https://www.youtube.com/watch?v=l8eN63ztEts.

Penyerahan hadiah bagi pemenang diluar kota Pekanbaru, dilakukan secara virtual dan piala serta sertifikat dikirim ke alamat mereka masing-masing. Adapun pemenang yang berada dalam kota Pekanbaru menerima hadiah langsung seperti foto berikut diterima oleh Pemenang III kategori pendidik yaitu Sumarni, M.Psi guru BK di SMPN 45 Pekanbaru yang diserahkan oleh Ketua Prodi BKPI.

 

 

About admin bkpi

Check Also

PRAKTISI MENGAJAR MENGAJAR PRDI BIMBINGAN DAN KONSELING PENDIDIKAN ISLAM MENGENAL ANAK JALANAN DAN PROSPEK LAYANAN KONSELING

Pada tanggal 27 Maret 2024, Program Studi Bimbingan dan Konseling Islam menggelar kegiatan praktisi mengajar …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *