Forum Silaturahmi Prodi BKPI se Indonesia Pertama secara Virtual

Ka. Prodi BKPI FTK UIN Suska Riau beserta beberapa orang dosen mengikuti kegiatan webinar dan silaturahmi Forum Prodi BKPI Nasional pertama yang dilaksanakan secara online pada hari Selasa, 22 September 2020. Prodi BKPI IAIN Salatiga menjadi tuan rumah kegiatan ini. Kegiatan perdana secara online ini mempertemukan civitas akademika Prodi BKPI se Indonesia diantaranya yang hadir ketua prodi BKPI IAIN Salatiga, BKPI IAIN Madura, BKPI IAIN Curup,  BK IAIN Batusangkar, BK IAIN Bukittinggi, BKPI UIN Suska Riau,  BKPI IAIN Kudus, BKPI Raden Intan Lampung, BKPI IAIN syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung.

Kegiatan ini mendiskusikan topik; Peluang dan tantangan prodi BKPI, kurikulum dan standar kompetensi lulusan, dengan  Narasumber Dr. Ardimen, M.Pd, Kons (Dosen BK IAIN Batusangkar), Dr.Hartini, M.Pd, Kons (BKPI IAIN Curup) dan Dr.Wahidin, S.Pd.I, M.Pd (Ka.Prodi BKPI IAIN Salatiga).

Nilai plus prodi BKPI yang perlu dikembangkan adalah penggabungan Bimbingan Konseling umum dengan Kajian Islam menjawab kebutuhan layanan BK bagi siswa di madrasah dan lembaga pendidikan pada umumnya. BKPI menggabungkan  bidang ilmu, menggunakan multireferensi seperti pendidikan, psikologi, agama, ekonomi, sosial budaya. Rumpun ilmu pendidikan sebagai payung bimbingan konseling pendidikan Islam, sehingga prodi BKPI berada di fakultas Tarbiyah di Perguruan Tinggi KeIslaman Negeri atau swasta. Berbeda dengan Prodi Bimbingan Konseling Islam yang ada di fakultas dakwah, prodi BKPI memiliki karakteristik dari sisi profil lulusannya terutama mencetak pendidik yaitu guru bimbingan konseling di sekolah. Sementara BKI di fakultas dakwah menyiapkan lulusan bimbingan konseling yang berkiprah di masyarakat luar sekolah.

Sesuai roundown acara, setelah webinar dilaksanakan kegiatan silaturahmi secara online menggunakan aplikasi zoom, yang menghasilkan  kesepakatan :
1. Membentuk konsorsiun prodi  BKPI dengan dengan nama forum BKPI Indonesia dengan ketua Ibu Dr. Amirah Diniyati, M.Pd., Kons. dari UIN SUSKA Riau.
2. Mengadakan temu silaturahmi seluruh prodi untuk brainstorming kurikulum sekaligus pelantikan kepengurusan Forum BKPI yang akan diselenggarakan di UIN Suska Riau.
3. Melakukan review kurikulum prodi BKPI se Indonesia dengan teknis masing-masing prodi mengirimkan panduan kurikulum lengkap (Pendahuluan, SKL, Profil Lulusan, Capaian pembelajaran, struktur kurikulum, deskripsi mata kuliah, silabus, dan lain-lain) untuk kemudian akan dilakukan analisis oleh pakar dan stakeholder/pemangku kebijakan yangg kompeten sebagai bahan masukan kurikulum/SKL/ mapun profil lulusan.

About admin bkpi

Check Also

PRAKTISI MENGAJAR MENGAJAR PRDI BIMBINGAN DAN KONSELING PENDIDIKAN ISLAM MENGENAL ANAK JALANAN DAN PROSPEK LAYANAN KONSELING

Pada tanggal 27 Maret 2024, Program Studi Bimbingan dan Konseling Islam menggelar kegiatan praktisi mengajar …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *