SEMINAR MIKRO KAPITA SELEKTA PELAYANAN KONSELING It’s Okay To Not Be Okay

Senin, 9 Oktober 2023, Program Studi Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam mengadakan seminar mikro dengan tema “Bersama BK Menjaga Kesehatan Mental” di aula Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. Dalam acara ini Nadya Azhari Rambe sebagai narasumber memberi judul materi nya yaitu “It’s Okay To Not Be Okay”. Alasan panitia dan pemateri mengangkat tema seminar kali ini karena banyak sekali isu-isu yang beredar tentang mahasiswa yang mengalami gangguan mental hingga memilih mengakhiri hidupnya.

Peserta dalam seminar ini ditujukan kepada mahasiswa/mahasiswi Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam semester 1,3 dan 5. Dalam paparan materinya, Nadya Azhari Rambe mengungkapkan bahwa gangguan kesehatan mental disebabkan oleh 2 faktor, yaitu:

  1. Faktor Internal

Genetik, Kimia pada otak, Gangguan pada otak dan perubahan pada diri

  • Faktor Eksternal

Keluarga, Teman Sebaya, Lingkungan Sosial

Pemateri juga menjelaskan bagaimana peran Guru Bimbingan dan Konseling dalam memberikan layanan untuk mencegah dan mengatasi gangguan kesehatan mental.

Dengan adanya kegiatan seminar mikro ini diharapkan dapat memberikan pemahaman kepada peserta tentang kesehatan mental, bagaimana cara menjaga kesehatan mental dan bagaimana peran guru Bimbingan dan Konseling berkontribusi dalam menjaga kesehatan mental.

About suci habibah

Check Also

PENGUMUMAN SELEKSI WAWANCARA DAN VERIFIKASI UANG KULIAH TUNGGAL (UKT) MAHASISWA BARU 2024

Pekanbaru,24 April 2024. Dengan telah diumumkannya hasil seleksi Mahasiswa Baru Universitas Islam Negeri Sultan Syarif …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *