WEBINAR INTERNASIONAL BIMBINGAN DAN KONSELING PENDIDIKAN ISLAM “Pengaplikasian teori bimbingan karir dalam praktek konseling “

Pekanbaru – Selasa, 15 November 2022, Program studi Bimbingan konseling pendidikan islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negri Sultan Syarif Kasim Riau mengadakan webinar internasional, dengan tema “Pengaplikasian teori bimbingan karir dalam praktek konseling” yang mana dalam acara webinar ini program studi Bimbingan Konseling Pendidikan Islam mengadakan kerja sama dengan Universitas Malaisya Serawak (UNIMAS).

Dalam kegiatan webinar kali ini Program studi Bimbingan Konseling pendidikan islam mengundang 2 pemateri yang sangat luar biasa yaitu yang pertama adalah bapak Dr. Edris bin Aden selaku pemateri dari Universitas Malaisya Serawak (UNIMAS) sedangkan untuk pemateri kedua itu sendiri merupakan Ibu Raden Decue Berlian Purnama M.si Selaku dosen Program Studi Bimbingan Konseling Pendidikan Islam Universitas Islam Negri Sultan Syarif Kasim Riau.

Dalam acara yang di laksanakan secara zoom Meeting pada pukul 13.00 s/d , Kegiatan ini di mulai dengan kata sambutan oleh wakil dekan III Ibu Dr. Amirah Diniyati  M.Pd Kons dilanjutkan dengan pemberian sambutan juga oleh Ketua Program Studi  bimbingan Konseling Pendidikan Islam oleh Ummi Alfiah Tarmizi M.Ag laliu pemberian kata sambutan oleh bapak Dr.Muhammad Subhan M.Ed.Chat, yang dilanjutkan dengan Penyampaian materi pertama oleh  bapak Dr.Edris bin Aden dengan Materi yang luar biasa dalam materi tersebut bapak Edris menyampaikan bahwa “guru bk mengajak klien mencari apa yang menjadi kekuatan yang ada pada dirinya agar bisa mencari pilihan lain, kita harus menanyakan kepada klien kita apa yang membuatnya risau terhadap karir nya apakah financial atau yang lain, mengajak klien berfikir apakah skill yang ada pada dirinya . konselor harus merancang apa yang harus di lakukan klien, setiap perubahan- perubahan pada diri klien akan menjadi skill atau role model bagi klien tersebut.” Materi yang di sampaikan bahwa kita harus merancang karir siswa kita kedepannya.

 

Materi kedua juga tidak kalah luar biasa yang di sampaikan oleh ibu kita Dra.Raden Decue Berlian Purnama yang mana beliau memaparkan materi Peran Strategis Bimbingan Konseling Dalam Proses Eksplorasi & Komitmen Penentuan Profesi Masa Depan Era revolusi digital (society 5.0 dan Revolusi Industri 4.0) ada berbagai macam tantangan nantinya yang akan kita hadapi dalam menentukan karir siswa seperti Tantangan Zaman yang rentan, tak pasti, rumit & membingungkan, Ekspektasi publik tinggi, Krisis Value of life, Krisis identitas nasional, Gempuran identitas Nasional sehingga kita sebagai guru bimbingan konseling kedepannya bisa membantu siswa dalam menentukan karirnya agar menjadi Generasi Cerdas Berkarakter.

Dengan Pemaparan 2 materi luar biasa dalam webinar Internasional kali ini bisa menjadikan kita semua Mahasiswa Bimbingan Konseling Pendidikan Islam Universitas Islam Negri Sultan Syarif Kasim Riau Sebagai guru BK yang luar biasa nantinya. (Amel)

 

 

 

 

 

 

 

About admin bkpi

Check Also

KULIAH LUAR KAMPUS

PRAKTIK KONSELING POPULASI KHUSUS DALAM MENINGKATKAN PENERIMAAN DIRI DAN SELF RESILIENSI PADA LANSIA DI PANTI KRESNA …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *