TADARUS RAMADHAN BKPI 1443 H

Bulan Ramadhan Sebagai Kode Etik

   Pekanbaru, 10 April 2022.  Pada hari ke 9/10 Ramadhan 1443 H tidak terasa kita sudah memasuki awal bulan suci ramadhan pada tahun ini. Allah sudah memberikan kesempatan kita untuk merasakan indahnya bulan ramadhan, Alhamdulillah kita semua diberikan kesehatan untuk menjalankan amal ibadah selama bulan ramadhan ini dan mudahkan sampai akhir ramadhan,  Allah  berfirman dalam surat Al- baqarah 185 yang artinya “(bulan) ramadhan adalah bulan yang didalamnya diturunkan Al-Qur’an sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petujuk itu, dan pembeda (antara yang benar dan yang batil) karena itu, barang siapa yang di antara kamu ada di bulan itu, maka berpuasalah”. Di awal  ramadhan kali ini program studi Bimbingan Konseling Pendidikan Islam fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sultan Syarif Kasim Riau memberikan nasehat -nasehat kepada kita melalui suatu program yang sangat luar biasa yang di namakan tadarus Ramadhan BKPI 1443 H .Program tadarus ini adalah pemberian tausiyah dan motivasi oleh dosen-dosen Program Studi Bimbingan Konseling pendidikan Islam yang di tayang kan di channel youtube BKPI yaitu BKPI UIN Suska Riau.

Tadarus  pada kali ini di isi oleh ibu Dr.Amirah Diniaty M.Pd, Kons selaku wakil Dekan 3 Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sultan Syarif Kasim Riau, dengan judul “ Bulan Ramadhan Sebagai Kode Etik”. “Dalam bulan Ramadhan ini Allah menurunkan Al-Qur’an, kita tahu sebagai khalifah di bumi kita diberi aturan baik buruk tingkah laku kita semua ada  di dalam Al-Qur’an. Dalam bahasa ilmiah kita kenal kode etik, maka bulan suci Ramadhan adalah bulan turun kode etik melakukan hal-hal yang benar. Di bulan Ramadhan inilah Allah memberikan petunjuk kepada kita untuk membuat menjadi khalifah-khalifah yang memimpin muka bumi ini, dengan kode etik berupa Al- Qur’an al-karim, kitab suci kita maka sebaik-baiknya  di bulan ramadhan inilah kita berlatih menjalankan kode etik itu. Mulai dari imsak sahur  kita sudah dilatih menahan diri ,disiplin. Kemudian di saat siang kita menahan hawa nafsu, minum, makan, menahan  emosi dan perbuatan-perbuatan tercela. Dapat memberikan kesempatan kita untuk melatih selama satu bulan ini agar kode etik yang Allah turunkan bentuk Al-Qur’an bisa kita implementasikan diluar bulan Ramadan.”  Tutur beliau dalam pembukaan kegiatan tadarus pada kali ini.

ceramah yang di berikan ibu Dr.Amirah Diniaty M.Pd, Kon yang tayang di channel youtube

            Dalam rangka Tadarus ramadhan kali ini ibu Dr.Amirah Diniaty M.Pd, Kons yang sangat luar biasa mengajak kita bersama-sama untuk memanfaatkan bulan Ramadhan sedemikian rupa betul-betul memahami diri sebagai makhluk Allah ciptaannya dan mari kita tegakkan kode etik  yang Allah telah berikan kepada kita  sehingga kita betul-betul  menjadi insan yang kamil khalifah yang patut untuk menjalankan tugas sebagai pemimpin. Setiap kita adalah pemimpin dan setiap pemimpin diminta pertangung jawaban.

About admin bkpi

Check Also

MILAD PROGRAM STUDI BIMBINGAN KONSELING ISLAM YANG KE-4

Pekanbaru- Prodi Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam (BKPI) Fakultas Tarbiyah  dan Keguruan(FTK) UIN  Sultan Syarif …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *