TADARUS RAMADHAN BKPI 1443 H (lanjutan)

Bulan Ramadhan Sebagai Training Bagi Ummat

   Pekanbaru, 22 April 2022.  Pada hari ke 21 Ramadhan 1443 H tak lama lagi kita akan meninggalkan bulan suci ramadhan pada tahun ini . dan dengan izin allah semoga  kita akan bertemu lagi dengan ramadhan – ramadhan yang akan datang .  di pengujung ramadhan kali ini program studi bimbingan konseling pendidikan islam fakultas tarbiyah dan keguruan UIN Sultan Syarif kasim Riau memberikan nasehat -nasehat kepada kita melalui suatu Program yang Sangat luar biasa yang di namakan tadarus Ramadhan BKPI 1443 H .Program tadarus ini adalah pemberian tausiyah dan motivasi oleh dosen-dosen Program Studi Bimbingan Konseling pendidikan Islam yang di tayang kan di channel youtube BKPI yaitu  BKPI UIN Suska Riau .

Tadarus  pada kali ini di isi oleh ibu Dr.Dra Alfiah M.Ag  selaku ketua  program Studi Bimbingan Konseling Pendidikan Islam  dengan judul “ Ramadhan Sebagai bulan pelatihan / Training”. Ramadhan Kareem  merupakan bulan yang paling mulia di antara 12 yang ada bulan Ramadan  juga menjadi moment pembentukan untuk kepribadian kita atau merefresh kembali segala kegiatan yang telah kita perbuat selama satu tahun yang telah berlalu. ” pada saat ini kita sudah berada di penggalan  ke dua malam-malam pengampunan , maka dalam 10 hari terakhir ini merupakan kesempatan bagi kita untuk  memperbaiki Qiyamul lail dan Qiyamu Ramadhan.” Tutur beliau dalam pembukaan kegiatan tadarus pada kali ini.

ceramah yang di berikan ibu Dr.Dra Alfiah M.Ag yang tayang di channel youtube BKPI

Dalam Tadarus ramadhan kali ini ibu Dr.Dra Alfiah M.Ag memberikan kita beberapa macam  training atau pelatihan yang dapat kita  amalkan dalam kehidupan kita terutama pada bulan ramdhan ini ,yang pertama adalah Training ketaqwaan kepada Allah yaitu bertaqwa kepada allah dengan cara menta’ai perintahnya.  yang kedua Training terhadap pengendalian hawa nafsu dengan cara kita harus bisa mengendalikan hawa nafsu kita baik dari segi apapun dan dimana pun ,yang ketiga adalah Training menjadi Pribadi yang baik bisa kita lakukan dengan cara melaksanakan shalat tepat waktu  yang ke empat adalah Training merasakan kepedulian kita terhadap fakir miskin , hal itu dapat kita amalkan dengan cara bersedekah maupun memberi makan fakir miskin, dan yang terakhir training bagi tubuh kita menjaga kesehatan .

Nah, dari 5 training tersebut dapat kita simpulkan bahwa pada bulan Ramadhan ini   kita bisa bersama- sama saling meningkatkan kualitas diri dan ketaqwaan kita kepada Allah    sehinggah pada akhir ramadhan nanti  dapat  menjadikan kita  insan yang jauh lebih baik dan lebih tawaddu’ dari tahun- tahun sebelumnya .

About admin bkpi

Check Also

MILAD PROGRAM STUDI BIMBINGAN KONSELING ISLAM YANG KE-4

Pekanbaru- Prodi Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam (BKPI) Fakultas Tarbiyah  dan Keguruan(FTK) UIN  Sultan Syarif …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *