PROGRAM STUDI BIMBINGAN KONSELING PENDIDIKAN ISLAM MEMPERINGATI ISRA’ MI’RAJ 1443 H/2022 M

Isra’ Mi’raj atau yang sering disebut dengan Al-Isra wal Mi’raj merupakan peristiwa yang melekat dengan kerisalahan Nabi Akhiruzzaman (akhir zaman) Nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam dalam perjalanan sejarahnya.

Isra’ dan Mi’raj diabadikan di dalam Al-Qur’an Surah Al-Isra’ ayat 1 sebagaimana Allah berfirman yang artinya, “Maha Suci Allah yang telah memperjalankan hamba-Nya pada suatu malam dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsa yang Allah telah memberkahi sekelilingnya supaya Allah memperlihatkan sebagian tanda-tanda kekuasaan-Nya, Allah sungguh Maha Mendegar dan Maha Melihat”.

Kesadaran hal tersebutlah yang akhirnya mendorong himpunan mahasiswa program studi bimbingan konseling pendidikan islam memperingati isra mi’raj nabi Muhammad SAW yang berlangsung di Aula Fakultas Tarbiyah dan Keguruan lantai 3, Minggu (13/03/2022). Peringatan Isra’ Mi’raj tahun ini merupakan kali pertama di peringati oleh HMPS BKPI dengan mengusung tema “Aktualisasi Nilai-Nilai Isra Mi’raj Dalam Kehidupan Ditengah Pandemi Covid-19’. Karna mengingat fenomena pandemi Covid-19 yang telah melanda hampir 2 tahun, tepatnya saat angkatan pertama BKPI masuk, sehingga membuat acara Isra’ Mi’raj selama 2 tahun ini pula tidak dapat dilaksanakan.

Kegiatan ini dilaksanakan secara langsung di Aula lantai 3 Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Acara ini juga dihadiri oleh ibu Dr. Amirah Diniaty, M.Pd.,Kons selaku Wakil Dekan  III FTK, ibu Dr. Alfiah, M.Ag selaku Ketua Prodi Bimbingan Konseling Pendidikan Islam, ibu Suci Habibah, M.Pd selaku Sekretaris Prodi Bimbingan Konseling Pendidikan Islam, dan Ustadz Khairul Amin, M.Pd.I sebagai penceramah yang luar biasa, serta seluruh mahasiswa program studi BKPI.

Kegiatan ini diawali dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an oleh ananda Rozalinda mahasiswi semester 2, selanjutnya pembukaan secara resmi oleh Ketua Prodi BKPI ibu Dr. Alfiah M.Ag dan ibu Dr.Amirah Diniaty,M.Pd.Kons . Dalam kata sambutan yang diberikan oleh ibu WD III berisikan arahan agar mahasiswa/i BKPI dapat mengikuti kegiatan ini dengan baik, mencontoh akhlak dari Nabi Muhammad SAW, tugas seorang mahasiswa yaitu menuntut ilmu, sukses dalam akademik dan non-akademik,  menjaga nama baik keluarga dan Fakultas.

Selanjutnya sebelum lanjut ke acara inti, panitia mengajak seluruh tamu yang hadir untuk menyanyikan shalawat Nabi Muhammad SAW yang dipandu oleh mahasiswi BKPI yaitu ananda Uswatun Hasanah.

Masuk kedalam acara inti penyampaian ceramah oleh Al-Ustadz Khairul Amin, M.Pd.I.  Didalam tausiahnya beliau menceritakan sejarah dari Isra’ mi’raj itu sendiri, memberikan motivasi dan nasehat agar bisa mencontoh serta mentauladani Nabi Muhammad SAW dan mengamalkan dalam kehidupan sehari-hari. Diakhir acara semua panitia dan tamu undangan mengadakan sesi foto bersama. (Roza)

About admin bkpi

Check Also

MILAD PROGRAM STUDI BIMBINGAN KONSELING ISLAM YANG KE-4

Pekanbaru- Prodi Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam (BKPI) Fakultas Tarbiyah  dan Keguruan(FTK) UIN  Sultan Syarif …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *