Masa Pandemi Covid-19, Tidak Lunturkan Semangat Baru Prodi BKPI dalam Menyiapkan penyambutan Mahasiswa Baru Tahun Akademik 2020 (Penyusunan Visi, Misi, Profil Lulusan, Rencana Strategis dan Kurikulum)

Prodi Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Suska Riau mendapatkan izin berdirinya sebagai sebuah Prodi berdasarkan SK Kementerian Agama  RI No. 1164 Tahun 2019  tertanggal 23 Desember 2019. Sebelumnya prodi ini  adalah satu konsentrasi dari prodi Manajemen Pendidikan Islam (MPI). Untuk itu pihak prodi dan dosen BKPI melakukan persiapan penerimaan mahasiswa baru tahun akademik 2020-2021. Mahasiswa baru akan diterima melalui jalur mandiri yang seleksinya akan dilaksanakan pada bulan Juli 2020.

Persiapan penerimaan mahasiswa baru dilakukan ditengah masa Pandemi Covid-19 yang banyak membawa perubahan besar dalam kehidupan dari berbagai segi seperti ekonomi, pendidikan, sosial dan budaya. Salah satu tuntutan yang harus dilakukan adalah sosial distancing dan kegiatan dilakukan di rumah (Work from Home/WFH). Untuk itu dituntut kreativitas dalam mensiasati kondisi ini agar tetap menjadi efektif dan efisien dalam bekerja, tidak terkecuali Program Studi BKPI Fakultas Tarbiyah UIN Suska Riau.

Persiapan pertama dilakukan Ka Prodi Bersama dosen Prodi BKPI, stakeholder dan user (Kementerian Agama Kota Pekanbaru  dan guru Bimbingan konseling ditngkat SMP, SMA, MAN Kota Pekanbaru) adalah menyusun visi misi profil lulusan, renstra, dan kurikulum prodi BKPI. Meskipun sosial distancing tetap dilakukan pertemuan online guna merumuskan visi dan misi prodi BKPI, renstra dan kurikulum. pada hari Rabu,  08 April 2020 menggunakan aplikasi Zoom Meeting. Pertemuan ini mendatangkan pakar Prof. Dr. Firman, M.S. Kons. Guru besar bimbingan konseling dari Universitas Negeri Padang. Selain itu juga Dr. H. Rialis, M.Pd. (Kabid bidang Pendidikan di Kemenag Kota Pekanbaru). Stakeholder dari Kemenang mengapresiasi dan mendukung berdirinya Prodi BKPI mengingat kebutuhan lulusan BK dengan latarbelakang Pendidikan Islam masih kurang dan dibutuhkan di madrasah. Pakar BK dari UNP Prof Dr. Firman, M.S menekankan perlunya menyiapkan kurikulum BK yang sesuai dengan tuntutan dan kebutuhan siswa di sekolah, serta memperhatikan slogan yang diusung pemerintah kampus merdeka. Para Guru BK SMA, SMP, dan Man Kota Pekanbaru juga memberikan saran agar profil lulusan BKPI dapat menguasai IT dan memiliki dasar keilmuan yang mumpuni untuk manajemen dan pengelolaan program BK di sekolah.

Diskusi ini juga dihadiri oleh Wakil Dekan 1 Fakultas Tarbiyah dan Keguruan dalam bidang akademik yaitu Dr. Drs. Alimuddin, M.Ag. Peserta kegiatan ini adalah seluruh Dosen Home Base di BKPI. Pertemuan online ini berlangsung hampir 1,5 jam, dan berlangsung sangat interaktif sehingga banyak hal yang didapat dan perlu dipertimbangkan untuk menjadi mempersiapkan mahasiswa baru Prodi BKPI tahun akademik 2020-2021 .

Red: Suci Habibah, S.Pd.I., M.Pd

Check Also

KALENDEK AKADEMIK UIN SUSKA RIAU TAHUN 2022-2023