PENGABDIAN MASYARAKAT

PEMBERIAN LAYANAN INFORMASI DALAM MENINGKATKAN PENERIMAAN DIRI DAN SELF RESILIENSI PADA LANSIA DI PANTI KRESNA WERDHA HUSNUL KHATIMAH

Pada hari Kamis, 27 Juni 2024 dosen Program Studi Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Suska Riau melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat di Panti Lansia Kresna Werdha Husnul Khatimah, Kota Pekanbaru.

Kegiatan ini mengusung tema “Pemberian Layanan Informasi dalam Meningkatkan Penerimaan Diri dan Self Resiliensi pada Lansia”. Beberapa dosen yang terlibat dalam kegiatan ini antara lain Ibu Suci Habibah, M.Pd, Dr. Riswani, M.Ed, Dr. Muslim Afandi, M.Pd, Dra. Suhertina, M.Pd, Dr. Mhd Subhan, M.Ed, Hasgimianti, M.Pd.Kons, dan Nuraini Safitri, M.Pd.Kons. Kegiatan ini diawali dengan kata sambutan dari Ibu Suci Habibah, M.Pd selaku Sekretaris Prodi, yang memberikan penghantar kepada para lansia mengenai kegiatan yang akan dilaksanakan.

Kegiatan ini disambut hangat dan penuh antusias oleh pihak panti dan para lansia di Panti Kresna Werdha Husnul Khatimah. Kemudian, pengurus memberikan sambutan dengan arahan dan informasi mengenai Panti Kresna Werdha Husnul Khatimah. Beliau menjelaskan bahwa panti ini menampung 72 lansia dari berbagai daerah, namun yang dapat bergabung pada kegiatan kali ini hanya 54 lansia, karena 18 orang lainnya, terdiri dari 10 perempuan dan 8 laki-laki, sedang sakit dan membutuhkan perawatan khusus.

Selain itu, Pengurus panti menjelaskan bahwa tidak semua lansia di panti ini merupakan lansia terlantar, beberapa di antaranya sengaja dititipkan oleh anak-anak mereka karena kesulitan dalam mengurus mereka. Ia juga menekankan bahwa dalam berkomunikasi dengan para lansia di panti ini harus hati-hati dan tidak boleh memaksa, karena mereka cukup sensitif dan mudah bosan. Sesekali, ia juga mengajak untuk berkomunikasi secara langsung dengan para lansia. Pihak panti juga memiliki rencana akan menambah lansia di tahun 2025 sebanyak 80 lansia, dan di tahun 2026 sebanyak 100 lansia.

Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan pemberian layanan informasi oleh Dr. Riswani, M.Ed kepada para lansia di Panti Kresna Werdha Husnul Khatimah mengenai peningkatan penerimaan diri dan self resiliensi. Tujuan dari pemberian layanan informasi ini adalah untuk meningkatkan penerimaan diri dan self resiliensi pada lansia di Panti Kresna Werdha Husnul Khatimah. Pertama, layanan ini bertujuan untuk membantu para lansia memahami dan menerima kondisi fisik dan mental mereka saat ini, mendorong sikap positif, serta penerimaan terhadap perubahan yang terjadi seiring bertambahnya usia. Hal ini diharapkan dapat mengurangi perasaan rendah diri dan meningkatkan rasa percaya diri di kalangan lansia. Kedua, layanan ini juga bertujuan untuk meningkatkan self resiliensi, yakni kemampuan para lansia dalam menghadapi dan mengatasi tantangan hidup sehari-hari. Strategi koping yang efektif untuk mengatasi stres dan tekanan psikologis akan dikembangkan, serta kemampuan beradaptasi dengan perubahan lingkungan dan situasi yang berbeda akan ditingkatkan.

Dengan berakhirnya kegiatan ini, diharapkan para lansia dapat merasakan manfaat yang signifikan dalam kehidupan sehari-hari mereka. Dukungan dan perhatian yang diberikan oleh dosen Program Studi Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Suska Riau diharapkan dapat terus berlanjut, sehingga para lansia di Panti Kresna Werdha Husnul Khatimah dapat menjalani kehidupan yang lebih bahagia, sehat, dan bermakna. Kegiatan ini menunjukkan komitmen UIN Suska Riau dalam memberikan kontribusi positif kepada masyarakat, khususnya bagi mereka yang membutuhkan perhatian dan dukungan lebih.

About suci habibah

Check Also

KULIAH LUAR KAMPUS

PRAKTIK KONSELING POPULASI KHUSUS DALAM MENINGKATKAN PENERIMAAN DIRI DAN SELF RESILIENSI PADA LANSIA DI PANTI KRESNA …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *