KULIAH LUAR KAMPUS

PRAKTIK KONSELING POPULASI KHUSUS DALAM MENINGKATKAN PENERIMAAN DIRI DAN SELF RESILIENSI PADA LANSIA DI PANTI KRESNA WERDHA HUSNUL KHATIMAH

 Pada hari Kamis, 27 Juni 2024 mahasiswa Program Studi Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Suska Riau melaksanakan kegiatan praktik konseling pada lansia di Panti Lansia Kresna Werdha Husnul Khatimah, Kota Pekanbaru. Kegiatan parktik konseling ini merupakan salah satu meteri pada mata kuliah konseling populasi khusus. Dimana dalam kegiatan ini di ikuti oleh 60 mahasiswa semester 6 Program Studi Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam.

Kegiatan ini di damping oleh para dosen pada Program Studi Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam diantaranya Ibu Suci Habibah, M.Pd, Dr. Riswani, M.Ed, Dr. Muslim Afandi, M.Pd, Dra. Suhertina, M.Pd, Dr. Mhd Subhan, M.Ed, Hasgimianti, M.Pd.Kons, dan Nuraini Safitri, M.Pd.Kons. Kemudian kegiatan ini dibuka dengan kata sambutan yang disampaikan oleh Ibu Suci Habibah, M.Pd selaku Sekretaris Program Studi Bimbingan dan Konseling Pendidikan IslaM. Ibu Suci Habibah, M. Pd memberikan penghantar kepada para mahasiswa yang akan melakukan kegiatan parkatik konseling kepada para lansia di Panti Lansia Kresna Werdha Husnul Khatimah. Dalam sambutannya, beliau menekankan pentingnya pendekatan yang empatik dan penuh perhatian dalam berinteraksi dengan para lansia. Ibu Suci menjelaskan bahwa lansia sering kali menghadapi berbagai tantangan emosional dan fisik, sehingga diperlukan kesabaran dan pengertian dari para mahasiswa dalam memberikan konseling.

Beliau juga memberikan arahan mengenai teknik-teknik konseling yang efektif, termasuk cara mendengarkan aktif, memberikan dukungan emosional, dan membantu lansia menemukan cara untuk meningkatkan penerimaan diri dan self resiliensi. Ibu Suci mengingatkan para mahasiswa untuk selalu menjaga etika profesional dalam setiap sesi konseling dan menghormati privasi serta martabat setiap individu yang mereka layani. Setelah kata sambutan dan arahan dari Ibu Suci Habibah, kegiatan praktik konseling dimulai. Para mahasiswa, yang telah dibagi menjadi beberapa kelompok, mulai berinteraksi dengan para lansia. Mereka menerapkan pengetahuan dan keterampilan yang telah dipelajari selama kuliah, dengan tujuan untuk memberikan dampak positif bagi kesejahteraan para lansia.

Pada akhir kegiatan, Ibu Suci Habibah, M. Pd, memberikan penutupan dengan mengapresiasi usaha dan dedikasi para mahasiswa. Beliau juga menyampaikan rasa terima kasih kepada pihak Panti Lansia Kresna Werdha Husnul Khatimah yang telah memberikan kesempatan untuk melaksanakan kegiatan ini. Ibu Suci Habibah, M. Pd berharap agar kegiatan semacam ini dapat terus dilakukan secara berkelanjutan, karena memberikan manfaat besar bagi kedua belah pihak, baik bagi para lansia maupun para mahasiswa yang sedang menimba ilmu.

About suci habibah

Check Also

KULIAH LUAR KAMPUS PRAKTISI MENGAJAR

KONSELING POPULASI KHUSUS BAGI WARGA REHABILITASI PENGGUNA NAPZA DAN MENGENALI GEJALA MENTAL ILNESS DI RUMAH SAKIT …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *