PRAKTIKUM MATA KULIAH TEKNIK LABORATORIUM KONSELING 1: PENGGUNAAN TEKNIK ART THERAPY DALAM KONSELING SEBAGAI UPAYA MENGGALI POTENSI KARIR

Pekanbaru, 01 Juni 2024 – Program Studi Bimbingan Konseling Pendidikan Islam (BKPI) Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau melanjutkan kegiatan pengabdian masyarakat di Panti Asuhan As-Shohwah, yang berlokasi di Jl. Merpati Sakti, Simpang Baru, Kec. Tampan, Kota Pekanbaru, Riau. Kegiatan kali ini mengusung tema “Bakti Konseling sebagai Upaya Peningkatan Daya Resiliensi Anak Panti Asuhan dengan Menggunakan Teknik Art Therapy dalam Merencanakan Karir Masa Depan”. Kegiatan ini merupakan kolaborasi antara dosen mata kuliah teknik laboratorium konseling 1 yaitu ibu Dr. Amirah Diniaty, M.Pd., Kons., dan Nur’aini Safitri, S.Pd.I., M.Pd., Kons., dengan kepala labor BK Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, ibu Raja Rahimah MRA., S.Pd.I., M.Pd., Kons.

Kegiatan dimulai dengan kedatangan kembali rombongan mahasiswa dan dosen Program Studi BKPI, yang disambut hangat oleh pihak Panti Asuhan As-Shohwah. Setelah pengecekan jumlah mahasiswa dan anak panti oleh dosen pengampu sekaligus Wakil Dekan III, Dr. Amirah Diniaty, M.Pd., Kons., peserta diarahkan ke aula tempat kegiatan berlangsung.

Acara dibuka oleh Kosma Idlal Naufal Habibie, dan dilanjutkan dengan ice breaking yang bertujuan untuk mencairkan suasana dan meningkatkan keakraban antara mahasiswa BKPI dan anak-anak panti. Setelah sesi ice breaking, kegiatan inti dimulai dengan konseling individual terkait karir yang dipandu oleh mahasiswa BKPI. Setiap anak asuh didampingi oleh mahasiswa untuk mengeksplorasi minat dan bakat mereka serta merencanakan langkah-langkah karir masa depan.

Selanjutnya, mahasiswa BKPI memberikan bingkisan berupa modul cerita inspiratif dari zaman Rasulullah yang dibuat sendiri oleh mereka. Modul ini bertujuan untuk memberikan inspirasi dan motivasi kepada anak-anak panti dalam merencanakan dan mewujudkan karir mereka di masa depan.

Setelah sesi konseling, kegiatan dilanjutkan dengan acara makan bersama yang bertujuan untuk mempererat tali silaturahmi antara mahasiswa dan anak-anak panti. Kemudian, dilakukan pemberian bingkisan kepada anak-anak panti sebagai bentuk apresiasi dan kenang-kenangan dari mahasiswa BKPI.

Kegiatan diakhiri dengan sesi foto bersama untuk mengabadikan momen kebersamaan dan doa penutup yang dipimpin oleh Muhammad Asyadulloh.

Idlal

About suci habibah

Check Also

KULIAH LUAR KAMPUS

PRAKTIK KONSELING POPULASI KHUSUS DALAM MENINGKATKAN PENERIMAAN DIRI DAN SELF RESILIENSI PADA LANSIA DI PANTI KRESNA …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *