CAPACITY BUILDING PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA UNTUK MENGATASI PRILAKU BURNOUT DALAM ORGANISASI PADA MATA KULIAH BK INDUSTRI DAN ORGANISASI BEKERJA SAMA DENGAN LABOR BIMBINGAN KONSELING DALAM PENINGKATAN SUMBER DAYA MAHASISWA

Pada hari Kamis, tanggal 6 Juni 2024, mahasiswa Program Studi Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam semester 6 melaksanakan kegiatan Capacity Building dengan tema “Pengembangan Sumber Daya Mahasiswa untuk Mengatasi Perilaku Burnout dalam Organisasi” pada mata kuliah BK Industri dan Organisasi. Kegiatan ini berlangsung di Taman Agrowisata Marpoyan, Pekanbaru dan dipandu oleh dua dosen mata kuliah BK Industri dan Organisasi, yaitu Ibu Suci Habibah, M.Pd, Ibu Hasgimianti, M.Pd. Kons, dan Ibu Nurani Safitri, M.Pd. Kons.

Adapun rangkaian kegiatan yang dilakukan meliputi pembukaan dengan sambutan dari Ibu Suci Habibah, M.Pd dan Ibu Hasgimianti, M.Pd. Kons mengenai tujuan dan pentingnya kegiatan Capacity Building ini; sesi pertama dengan pemaparan materi tentang burnout dalam organisasi dan cara-cara mengatasinya; sesi kedua berupa praktik langsung dan simulasi penanganan burnout melalui berbagai kegiatan kelompok; sesi ketiga yang mencakup diskusi kelompok dan sharing pengalaman dari masing-masing mahasiswa terkait burnout yang pernah dialami; serta penutup yang berisi kesimpulan dan pesan penutup dari dosen, serta foto bersama.

Tujuan utama dari kegiatan ini adalah untuk mengatasi stres dan kejenuhan akademik yang dialami oleh mahasiswa semester akhir, serta bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan keterampilan mahasiswa dalam mengidentifikasi dan mengatasi perilaku burnout baik di lingkungan akademik maupun non-akademik. Selain itu, kegiatan ini membantu mahasiswa mengembangkan keterampilan soft skills seperti kepemimpinan, kerjasama tim, dan manajemen stres; memperkuat kapasitas diri dalam menghadapi tantangan di lingkungan kerja dan organisasi di masa mendatang; meningkatkan solidaritas dan kerjasama antar mahasiswa melalui kegiatan yang menyenangkan dan edukatif di luar lingkungan kelas; memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengaplikasikan teori yang telah dipelajari dalam mata kuliah BK Industri dan Organisasi ke dalam praktik nyata; dan menjadi wadah untuk ekspresi dan menghilangkan kejenuhan bagi mahasiswa semester akhir.

Kegiatan ini berjalan dengan lancar dan diikuti dengan antusias oleh seluruh mahasiswa yang hadir. Diharapkan melalui kegiatan Capacity Building ini, mahasiswa dapat lebih siap dan tangguh dalam menghadapi tantangan di masa depan baik di lingkungan akademik maupun profesional.

Kegiatan Capacity Building ini juga merupakan hasil kerja sama yang erat dengan Labor Bimbingan Konseling, yang berperan penting dalam peningkatan sumber daya mahasiswa dengan menyediakan dukungan yang komprehensif dan fasilitas yang memadai untuk kegiatan-kegiatan seperti ini. Kerjasama ini bertujuan untuk memaksimalkan potensi mahasiswa melalui pendekatan yang integratif, menggabungkan teori dan praktik untuk menghasilkan lulusan yang tidak hanya kompeten secara akademis tetapi juga memiliki keterampilan praktis yang dibutuhkan di dunia kerja.

Labor Bimbingan Konseling menyediakan berbagai program pelatihan dan workshop yang dirancang untuk mengembangkan keterampilan mahasiswa secara holistik, memungkinkan mereka mengakses sumber daya yang diperlukan untuk mengatasi berbagai tantangan akademik dan non-akademik, serta mempersiapkan diri mereka untuk berkontribusi secara efektif dalam organisasi dan komunitas mereka. Kerjasama ini menunjukkan komitmen Program Studi Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam dalam mendukung pengembangan mahasiswa secara berkelanjutan, memastikan mereka siap menghadapi dunia profesional dengan percaya diri dan kompetensi yang tinggi.

About suci habibah

Check Also

KULIAH LUAR KAMPUS

PRAKTIK KONSELING POPULASI KHUSUS DALAM MENINGKATKAN PENERIMAAN DIRI DAN SELF RESILIENSI PADA LANSIA DI PANTI KRESNA …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *