Seminar Mikro Konseling Menanggapi Tren E-commerce

Pada 12 Oktober 2023, Mahasiswa/i program studi Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam menyelenggarakan sebuah seminar mikro bertajuk “Trend E-commerce: Peluang atau Ancaman” bertempat di aula Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Kegiatan ini menghadirkan  kurang lebih 40 mahasiswa/i dengan pemateri yang merupakan mahasiswi semester 5 program studi BKPI, Aliya Atika Yunaiza. Dalam hal ini, turut pula didampingi oleh dosen pengampu, ibunda Raja Rahima Munawarah Raja Ahmad, S. Pd.I., M. Pd. Kons.

Dengan mengusung tema mengenai tren e-commerce yang tengah marak dibahas oleh Masyarakat saat ini, mampu memunculkan rasa penasaran atas apa yang terjadi dan bagaimana hal tersebut dalam perspektif bimbingan dan konseling. Oleh karenanya pelaksanaan seminar ini terbilang efektif dan aktif baik secara peserta maupun panitia.

Dalam pelakanaannya, kegiatan seminar dibuka oleh ketua pelaksana yakni Melsy Anggraini. “Seminar ini merupakan gambaran yang dapat kami contohkan kepada para peserta. Dimana dengan adanya seminar ini, mampu mendorong kesiapan dan juga pemantapan kita sebagai mahasiswa dalam kepanitiaan di suatu acara. Tak hanya itu, materi yang akan dibahas penting bagi kita mengetahui dan membedakan perihal peluang atau ancaman dengan hadirnya e-commerce terkhusus pada lingkup mahasiswa” ujarnya dalam kata sambutan. Seminar ini ada bukan hanya sebagai perhelatan acara, namun juga sebagai pelatihan bagi mahasiswa/i untuk dapat berani unjuk diri dalam lingkungan. Pembahasan e-commerce memanglah menjadi sorotan, terlebih terdapat pro dan kontra akan hal ini. “kehadiran e-commerce ini dapat dikatakan sebagai peluang dimana dengan berjalannya waktu, turut pula berkembang teknologi. Kemudian kehadirannya juga mampu memudahkan pengguna dalam efesiensi waktu. Namun, terdapat pula ancaman di masa kini. Sebab, kehadiran e-commerce membuat tingkat penghasilan perdagangan secara offline menurun. Sebagai calon guru BK, sudah tugas kita dalam memberikan layanan informasi seputar ini sehingga memberikan kesiapan peserta didik dalam memilah suatu tren terkhusus e-commerce” tutur Aliya dalam menyampaikan materi pada kegiatan ini

About suci habibah

Check Also

PENGUMUMAN SELEKSI WAWANCARA DAN VERIFIKASI UANG KULIAH TUNGGAL (UKT) MAHASISWA BARU 2024

Pekanbaru,24 April 2024. Dengan telah diumumkannya hasil seleksi Mahasiswa Baru Universitas Islam Negeri Sultan Syarif …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *