Dosen dan Mahasiswa Prodi BKPI FTK UIN Suska Riau Mengikuti Rakor Penelitian BNN 2021

Tiga orang Dosen  (Raja Rahima, M.Pd, Kons, Hasgimianti, M.Pd, Kons, Suci Habibah, M.Pd) dan satu orang mahasiswa (Putri Robiatul Adawiyah ) prodi BKPI FTK UIN Suska Riau menjadi enumerator dalam Penelitian Survei Nasional yang dilakukan kerjasama BNN Pusat dengan LIPI dan BPS di tahun 2021. Kegiatan ini menjadi bagian dari tindaklanjut kerjasama UIN Suska Riau dengan BNNP, dan Ketua Prodi BKPI Dr. Amirah Diniaty, M.Pd, Kons ditunjuk menjadi peneliti lokal yang mendampingi LIPI dalam pelaksanaan teknis penelitian di lapangan.

Tim dosen dan mahasiswa BKPI yang menjadi enumerator mengikuti rapat koordinasi sebelum penelitiandilakukan pada hari Selasa 22 Juni 2021 dari pukul 08 pagi hingga pukul 15.00 secara virtual.  Brigheb Agus Irianto selaku Kapuslit BNN Pusat menyampaikan dalam pembukaan rakor, bahwa survei nasional dilakukan 1 x dalam 2 tahun melibatkan berbagai pihak termasuk perguruan tinggi mitra.

Tantangan di tahun 2021 ini kondisi Covid 19, jumlah partisipan masyarakat yang harus diwawancarai relatif lebih banyak dibandingkan penelitian sebelumnya di tahun2019. Untuk tahun 2021, survei dilakukan di 34 propinsi, di 176 kabupaten dan merekrut 1853 orang enum dan peneliti. Kelebihan penelitian survei yang dilakukan di tahun 2021 ini adalah mengawinkan survei dengan eknologi computer assitent personal interviwer (CAPI).  Penelitian ini diharapkan menjadi ladang jihad bagi para enum dan peneliti lokal untuk memerangi peredaran narkoba di Indonesia.

Kegiatan penelitian akan dilaksanakan mulai tanggal 26 Juli hingga 34 hari sampai September 2021. Pengalaman ini menarik bagi dosen dan mahasiswa BKPI selain juga bermanfaat untuk meningkatkan wawasan tentang penelitian dalam skala besar yang melibatkan instansi pemerintah seperti LIPI dan BPS.

About admin bkpi

Check Also

PRAKTISI MENGAJAR MENGAJAR PRDI BIMBINGAN DAN KONSELING PENDIDIKAN ISLAM MENGENAL ANAK JALANAN DAN PROSPEK LAYANAN KONSELING

Pada tanggal 27 Maret 2024, Program Studi Bimbingan dan Konseling Islam menggelar kegiatan praktisi mengajar …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *