KULIAH DOSEN TAMU PADA MATA KULIAH TEKNIK LABORATORIUM KONSELING 1 BEKERJASAMA DENGAN LABOR BK FTK UIN SUSKA RIAU

(Teknik Spiritual Emotional Freedom Dalam Konseling Individual)

Jum’at, 31 Mei 2024 telah berlangsung kuliah dosen tamu pada mata kuliah teknik laboratorium konseling 1 dengan narasumber dari Kaprodi Program Studi S2 Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam (BKPI) Universitas Negeri Mahmud Yunus Batusangkar ibu Dr. Silvianetri, M.Pd., Kons., dosen Universitas Negeri Mahmud Yunus Batusangkar bapak Dr. Irman, M.Pd. Kegiatan ini dilaksanakan di Aula PPG lantai 2.

Kuliah dosen tamu ini berlangsung pada pukul 08.30-11.00 WIB dan mengangkat tema “Teknik Spiritual Emotional Freedom Dalam Konseling Individual”.  Kegiatan ini merupakan kolaborasi dosen Pengampu Mata Kuliah Teknik Laboratorium Konseling 1 dengan Kepala Labor Bimbingan dan Konseling (BK) Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Acara dibuka secara langsung oleh ibu Dr. Amirah Diniaty, M.Pd., Kons., selaku Wakil Dekan 3 FTK sekaligus sebagai dosen pengampu mata kuliah teknik laboratorium konseling 1 dan dihadiri oleh ibu Alfiah M. Ag., selaku ketua program studi BKPI, ibu Raja Rahima MRA, S.Pd. I., M.Pd., Kons., selaku kepala labor BK FTK., ibu Nur’aini Safitri., S.Pd.I., M.Pd., Kons., selaku dosen Pengampu Mata Kuliah Teknik Laboratorium Konseling 1, dan Rizky Adib Kurniaqil selaku perwakilan dari tim labor BK.

Kegiatan kuliah dosen tamu ini melibatkan mahasiswa Program Studi BKPI semester 4 sebanyak 67 orang mahasiswa/i. Tujuan dilaksanakannya kegiatan ini yaitu untuk menambah wawasan dan meningkatkan kapasitas mahasiswa prodi BKPI tentang penggunaan teknik khusus spiritual emotional freedom dalam konseling individual, memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk belajar dan menggali pengetahuan langsung dengan dosen dari universitas lain, dan sebagai sosialisasi S2 bimbingan dan konseling pendidikan Islam Universitas Islam Negeri Mahmud Yunus Batusangkar.  

Pelaksanaan pembelajaran konseling individual dengan teknik spiritual emotional freedom  kepada mahasiswa BKPI semester 4 merupakan salah satu upaya untuk mengembangan teknik-teknik yang di miliki mahasiswa. Praktik konseling ini memberi kesempatan kepada mahasiswa/i untuk meningkatkan kapasitasnya sebagai calon guru BK/konselor yang dapat melaksanakan layanan konseling kepada berbagai klien, tidak hanya untuk klien pada setting sekolah tetapi juga siap memberikan layanan konseling kepada klien-klien yang ada di setting luar sekolah dan pada korban-korban trauma akibat bencana alam.

Hasil dari kegiatan ini yaitu tergalinya informasi tentang teknik spiritual emotional freedom. Mahasiswa/i Program Studi BKPI dapat mempraktekkan langsung teknik ini pada dirinya sendiri seperti melakukan tapping pada area tubuh sendiri dan diharapkan bisa di praktekkan langsung pada klien di kemudian hari.  Seluruh Mahasiswa/i Program Studi BKPI semester 4 mengikuti kegiatan ini dengan sangat antusias dan merasa senang atas kehadiran dosen dari UIN Mahmud Yunus Batusangkar. Semoga praktek layanan konseling individual dengan teknik spiritual emotional freedom yang telah diterima oleh Mahasiswa/i Program Studi BKPI semester 4 bisa membantu dan memberikan manfaat kepada mahasiswa agar menciptakan lulusan Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam yang kompeten, ahli dan sesuai dengan slogan BKPI yaitu PRIMA ( Profesiona, Religius, Intelektual, Mandiri, dan Aktif).

(Dani A.).

About suci habibah

Check Also

KARYA MAHASISWA BKPI PADA MATA KULIAH KEWIRAUSAHAAN DALAM BIMBINGAN DAN KONSELING

9-13 September 2024, Beberapa produk kaos dengan motif yang berhubungan dengan bimbingan konseling karya mahasiswa …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *