Penandatangan Kerjasama Prodi BKPI FTK UIN Suska Riau dengan Yayasan Darel Fadila

Prodi BKPI ( Bimbingan Konseling Pendidikan Islam ) Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Suska Riau kembali mengadakan kerjasama, dengan lembaga pendidikan Islam,  dalam hal ini Yayasan Darel Fadhilah Pekanbaru. Kerjasama diadakan di SMA IT Darel Fadhilah Pekanbaru, Rabu 24 Maret 2021. Acara kerjasama itu di hadiri oleh Wakil Dekan III FTK Dr.Drs. Nursalim, M.Pd, ketua prodi BKPI,Dr. Amirah Diniaty, M.Pd, Kons serta para dosen dan mahasiswa dari Prodi BKPI.

Civitas akademika Prodi BKPI dan siswa MTs, SMA serta pimpinan sekolah dan yayasan Darel Fadila

Kerjasama ini dilatarbelakangi oleh kondisi pandemic yang menyebabkan penyelenggaraan pendidikan dilaksanakan online dengan berbagai permasalahan yang muncul, seperti kesulitan belajar yang dialami siswa dan perlunya skill diagnosis guru untuk mengatasinya, dan perlunya parenting- edukasi bagi orang tua dalam mendampingi anak belajar dirumah. Untuk itu penelitian dan pengabdian masyarakat civitas akademika dari Prodi BKPI FTK UIN Suska Riau yang terdiri dari dosen, dan mahasiswa perlu dilakukan dengan berkolaborasi dengan penyelenggara pendidikan di Yayasan Darel Fadila. Kerjasama difokuskan pada pelaksanaan penelitian dan pengabdian masyarakat dosen bagi guru dan orang tua.

Penelitian dengan judul; Stress siswa selama pembelajaran online, Pemahaman guru tentang diagnosis kesulitan belajar siswa selama pembelajaran online di MTs dan SMA IT Darel Fadilah Pekanbaru

Pengabdian masyarakat  dengan judul;Pendampingan Siswa dalam Mengatasi Stess belajar dengan Layanan Bimbingan dan konseling Kelompok, Empowerment kemampuan guru dalam melakukan diagnosisi kesulitan belajar jarak jauh yang dialami siswa, dan Pendampingan bagi orang tua menjadi pendidik tangguh untuk anak dalam pembelajaran jarak jauh di masa pandemic

Dalam sambutannya, Wakil Dekan III FTK Dr.Drs. Nursalim, M.Pd mengatakan “Pada masa pandemi covid 19 ini generasi kita tidak boleh mundur apalagi hilang,  meskipun proses belajar mengajar kita terbatas  ada yang berbentuk daring ataupun melalui tatap muka terbatas ( luring). Tetapi di balik pandemi ini ada banyak hikmah yang kita dapat di antaranya kita lebih menguasai sistem pembelajaran e –learning. Kerjasama ini diharapkan dapat saling menguntungkan dan baik bagi siswa maupun guru  serta bagi civitas akademika prodi BKPI sendiri.

Sambutan WD III dan penandatanganan kerjasama Pimpinan fakultas Tarbiyah dan keguruan dengan Ketua Yayasan Darel Fadila

Penandantangan kerjasama oleh ketua Prodi BKPI dengan Kepala MTs dan SMA Darel fadila disaksikan oleh WD III dan Ketua yayasan.

Ceremonial penandatangan kerjasama, berjalan dengan meriah disambut dengan tari persembahan oleh siswa MTs dan kelompok marawis Mts dan SMA IT Darel Fadilah. Ketua yayasan Darel Fadilah Dra. Hj. Hefni Yulia juga bercerita tentang bagaimana perjuangan nya membesarkan yayasan Darel Fadilah hingga menjadi sebesar ini bersama sang suami almarhum Prof. Dr. H. Mahdini, M.A yang juga merupakan salah satu guru besar UIN Suska Riau. Besar harapan kami kita dengan adanya perjanjian kerjasama ini kita bisa sama-sama membangun SMA IT Darel Fadilah ini secara khusus dan UIN Suska Riau secara umum.

Setelah acara pembukaan dan penandatangan kerjasama, dosen dan mahasiswa BKPI melakukan pengumpulan data dengan wawancara mendalam pada guru Mts dan SMA tentang pemahaman dan pelaksanaan diagnosis kesulitan belajar bagi siswa selama masa pandemic. Mahasiswa BKPI dilibatkan sebagai asisten peneliti mendampingi dosen mencatat hasil wawancara sehingga mereka mendapatkan pengalaman penelitian kualitatif.

Berita tentang kegiatan ini juga diliput oleh humas UIN Suska, beritanya dapat dilihat dihttps://uin-suska.ac.id/2021/03/24/membangun-sinergitas-dalam-meningkatkan-layanan-pendidikan-terbaik-di-masa-pandemi/.

 

About admin bkpi

Check Also

MILAD PROGRAM STUDI BIMBINGAN KONSELING ISLAM YANG KE-4

Pekanbaru- Prodi Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam (BKPI) Fakultas Tarbiyah  dan Keguruan(FTK) UIN  Sultan Syarif …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *