PRAKTIKUM MATA KULIAH TEKNIK LABORATORIUM KONSELING 1: PENGGUNAAN TEKNIK ART THERAPY DALAM KONSELING SEBAGAI UPAYA PENGEMBANGAN KONSELING POPULASI KHUSUS

Pekanbaru, 23 Mei 2024 – Program Studi Bimbingan Konseling Pendidikan Islam (BKPI) Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau menyelenggarakan kegiatan Praktikum Matakuliah Teknik Laboratorium Konseling 1 di Panti Asuhan As-Shohwah, yang berlokasi di Jl. Merpati Sakti, Simpang Baru, Kec. Tampan, Kota Pekanbaru, Riau. Kegiatan ini bertemakan “Bakti Konseling sebagai Upaya Peningkatan Daya Resiliensi Anak Panti Asuhan dengan Menggunakan Teknik Art Therapy dalam Merencanakan Karir Masa Depan”.

Kegiatan dimulai dengan kedatangan rombongan mahasiswa dan dosen Program Studi BKPI, yang disambut hangat oleh pihak Panti Asuhan As-Shohwah. Setelah itu, dilakukan pengecekan jumlah mahasiswa dan anak panti oleh Wakil Dekan III sekaligus dosen pengampu Mata Kuliah Teknik Laboratorium Konseling 1, ibu Dr. Amirah Diniaty, M.Pd., Kons., yang kemudian mengarahkan peserta ke aula tempat kegiatan berlangsung.

Acara dibuka oleh MC, Nur Imanda Agustri, dan dilanjutkan dengan kata sambutan oleh Dr. Amirah Diniaty, M.Pd., Kons., selaku Wakil Dekan III. Setelah sambutan, doa dibacakan oleh Muhammad Usamah Asyadulloh.

Inti kegiatan dimulai dengan sesi Art Therapy, di mana setiap mahasiswa BKPI semester 4A diberikan satu hingga dua anak asuh. Anak-anak diminta memilih tujuh macam bumbu dapur yang telah disiapkan, kemudian mengurutkannya dari yang paling disukai hingga paling tidak disukai. Mereka diminta menjelaskan alasan urutannya dan makna tersirat dari bumbu dapur tersebut bagi mereka. Selanjutnya, mereka didampingi oleh mahasiswa BKPI untuk membuat gambar dari bumbu dapur yang telah dipilih dan kemudian mewarnainya.

Art Therapy bertujuan membantu individu mengekspresikan emosi, mengatasi trauma, meningkatkan kesadaran diri, mengelola stres, serta meningkatkan fungsi kognitif dan komunikasi melalui kegiatan seni. Setelah sesi terapi, kegiatan dilanjutkan dengan acara makan snack bersama, foto bersama, doa penutup, dan pemberian bingkisan kepada anak-anak panti.

Kegiatan ini dilaksanakan atas kerjasama antara dosen pengampu mata kuliah Teknik Laboratorium Konseling 1 yaitu ibu Dr. Amirah Diniaty, M.Pd., Kons dan Nur’aini Safitri, S.Pd.I., M.Pd., Kons., dengan kepala labor Bimbingan Konseling Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, ibu Raja Rahima MRA, S.Pd.I., M.Pd., Kons. Adapun tujuan dilaksanakannya kegiatan praktikum ini yaitu untuk memberi kesempatan kepada mahasiswa melakukan praktik konseling dengan menggunakan teknik art therapy kepada anak-anak panti secara langsung, dan membantu untuk mengentaskan permasalahan yang dialami oleh anak-anak Panti Asuhan As-Shohwah. Diharapkan kegiatan ini dapat memberikan manfaat kepada mahasiswa khususnya kepada anak-anak Panti Asuhan As-Shohwah dalam mengekspresikan emosi serta meningkatkan daya resiliensi dalam merencanakan karir di masa depan mereka.

Idlal

About suci habibah

Check Also

KARYA MAHASISWA BKPI PADA MATA KULIAH KEWIRAUSAHAAN DALAM BIMBINGAN DAN KONSELING

9-13 September 2024, Beberapa produk kaos dengan motif yang berhubungan dengan bimbingan konseling karya mahasiswa …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *