PENGABDIAN MASYARAKAT BERKERJASAMA DENGAN LABOR BIMBINGAN KONSELING FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN

PENDAMPINGAN KEPADA ANAK BINAAN MELALUI LAYANAN KONSELING INDIVIDUAL DALAM MERENCANAKAN KARIR MASA DEPAN DI LEMBAGA PEMBINAAN KHUSUS ANAK ( LPKA )  KELAS II A PEKANBARU

Pekanbaru 13 Mei 2024 Program Studi Bimbingan Konseling Pendidikan Islam Melakukan pengabdian Masyarakat di Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) kelas II A Pekanbaru yang berada di jalan Permasyarakatan No.006 Kecamatan Rumbai Barat Kota Pekanbaru.  Kegiatan ini bertemakan “ Pendampingan kepada anak binaan melalui layanan Konseling Individual dalam merencanakan karir masa depan di lembaga pembinaan khusus anak ( LPKA ) kelas II A Pekanbaru” kegiatan ini di awali dengan kedatangan rombongan mahasiswa dan dosen program studi Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau yang di sambut hangat oleh pihak LPKA setelah itu dilanjutkan oleh pengecekkan jumlah mahasiswa dan  dosen oleh pihak LPKA dan di arahkan langsung ke Aula tempat kegiatan.

Acara dimulai dengan pembukaan oleh MC yaitu saudari Eliza Zamiah dan dilanjutkan oleh pemberian Kata Sambutan oleh Kepala Lembaga Pembinaan Khusus Anak ( LPKA ) Kelas II A Pekanbaru oleh Bapak Sukir Amd,I.P.,SH,MH dan di lanjutkan oleh Kata Sambutan dari ibu Amirah Diniyati M.Pd Kons selaku Wakil Dekan III. Setelah Pemberian sambutan maka dilanjutkan pembacaan do’a oleh Muhammad Hafizurrahman. Kegiatan inti dimulai yaitu Pemberian materi oleh Dr. Alfiah M.Ag  materi yang diberikan adalah tentang bagiamana Sahabat rasullullah yang awalnya berbuat kesalah bisa berubah menjadi Pribadi yang jauh lebih baik dan juga motivasi yang sangat besar yang diberikan kepada anak-anak yang ada di LPKA Agar bisa menanamkan semangat serta keinginan yang sangat kuat dalam dirinya agar menjadi pribadi yang jauh lebih baik dan bisa bermafaat bagi masyarakat nantinya setelah keluar dari LPKA ini. Seperti yang juga disampaikan umi Alfiah sesuai dengan Hadist Rasulullah  Salah satu hadis nabi menyebutkan: “Ittaqillah haitsuma kunta, wa atbi’issayyiatal hasanata tamhuha, wa kholiqinnasa bi khuluqin hasanin.” Artinya: Bertaqwalah kepada Allah dimanapun kita berada, iringilah perbuatan buruk dengan perbuatan baik, dan pergaulilah manusia dengan adab yang baik. Setelah pemberian materi oleh ibu Alfiah M.Ag kegiatan pun dilanjutkan dengan kegiatan konseling Individual yang dilakukan oleh Mahasiswa semester 6 BKPI setiap Mahasiswa diberikan 1 sampai dengan 2 anak dalam proses konseling ini yang mana dalam konseling ini dilakukan dengan tujuan untuk Pendampingan kepada anak binaan melalui layanan Konseling Individual dalam merencanakan karir masa depan setelah warga binaan ini kembali kemasyarakat nantinya.

Kegiatan ini di ikuti oleh dosen BKPI yang berkolaborasi dengan Labor Bimbingan Koseling Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau dalam Pengabdian ini di hadiri oleh ibu Amirah Diniyati M.Pd Kons selaku Wakil Dekan III dan dosen mata kuliah Konseling Populasi Khusus, Ibu Dr. Alfiah M.Ag Selaku Kepala Program Studi Bimbingan Konseling Pendidikan Islam, Ibu Raja Rahimah Munawwarah Raja Ahmad M.Pd Kons selaku kepala Labor BK FTK, Ibu Suci Habibah M.Pd selaku sekretaris Program Studi BKPI, Ibu Fitrah Herlinda M.Ag selaku ketua pengabdian Masyarakat, Ibu Hasgimianti M.Pd Kons dan ibu Nuraini Syafitri M.Pd Kons selaku dosen Program Studi BKPI.

Amel

About suci habibah

Check Also

KARYA MAHASISWA BKPI PADA MATA KULIAH KEWIRAUSAHAAN DALAM BIMBINGAN DAN KONSELING

9-13 September 2024, Beberapa produk kaos dengan motif yang berhubungan dengan bimbingan konseling karya mahasiswa …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *