KUNJUNGAN KE INSTANSI SMP AL AZHAR SYIFA BUDI

Tema :

“Praktik Pendekatan Konseling Kontemporer Peluang dan Tantangan di Masa Depan’’

Selasa, 21 September 2024 Mahasiswa/i Program Studi Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau mengadakan kegiatan Kunjungan Ke Instansi SMP AL AZHAR SYIFA BUDI  dengan narasumber guru BK SMP Al Azhar Syifa Budi Pekanbaru. Kegiatan Kunjungan ini diadakan secara offline yang berlangsung mulai dari pukul 09.00 sampai pukul 11.00.

Kegiatan Kunjungan Ke Instansi SMP AL AZHAR SYIFA BUDI  dengan tema Praktik Pendekatan Konseling Kontemporer Peluang dan Tantangan di Masa Depan ini ditujukan kepada Mahasiswa/i semester 5 Program Studi Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam yang terdiri dari dua kelas, yaitu kelas 5 A dan 5 B dengan total jumlah 67 orang Mahasiswa/i yang ikut serta menjadi peserta pada kegiatan Kunjugan ini. Pada kegiatan ini juga para Mahasiswa/i dibimbing oleh dua orang dosen pengampu Dr. Amirah Diniaty, M.Pd., Kons., dan Nur’aini Safitri, S.Pd.I., M.Pd., Kons.

Inti dari kegiatan praktisi mengajar ini adalah penyampaian materi dari narasumber yakni ibu Nike Wahyuni, S.Psi., M.Psi., yang membahas tentang Praktik Pendekatan Konseling Kontemporer Peluang dan Tantangan di Masa Depan.

Kegiatan ini dibuka MC terlebih dahulu  oleh Imanda dan di lanjutkan dengan kata sambutan oleh ibu Dr. Amirah Diniaty, M.Pd., Kons.,. Diawal kegiatan ibu Ayu mengatakan bahwa dirinya pribadi merasa sangat senang dengan kedangan mahasiswa/I yang telah hadir berkunjung di SMP AL AZHAR SYIFA BUDI. Beliau terlihat bersemangat ketika mengetahui banyak dari mahasiswa/I BKPI yang ikut serta hadir berkunjung pada acara ini. Mahasiswa/I  BKPI yang hadir menjadi peserta pada acara ini tidak kalah semangat dan antusias dalam mendengarkan penjelasan dan menyiapkan catatan untuk mencatat segala ilmu dan informasi yang disampaikan oleh narasumber.

Ibu Ayu menyampaikan mengenai pendekatan Kontemporer, tahapannya adalah sebagai berikut :

  1. Mengidentifikasi kebutuhan peserta didik
  2. Menyebar angket untuk peserta didik
  3. Membuat program
  4. Mencari tahu karakteristik siswa

Fungsi untuk membina masyarakat sekolah SMP Al Azhar Syifa Budi.  Dan kami juga melakukan terapi teknik penenangan sederhana dengan adanya instrument music yang di putarkan oleh ibu ayu untuk mengiringi kegiatan dilaksanakan, ibu ayu mempimpin memulainya terapi teknik penenangan dengan mahasiswa/I dapat mengatur emosi nya yang dirasakan yang sudah lama di pendam dari kegiatan itu bisa menenagkan diri dan mengontrol diri sendiri

Ibu Ayu menyampaikan bahwa profesi sebagai guru BK atau konselor itu adalah profesi yang sangat mulia. Karena kita tau bahwasanya “Sebaik-baiknya manusia adalah manusia yang bermanfaat bagi orang lain’’. Karena menjadi guru BK atau konselor itu sangat dibutuhkan untuk membantu seseorang individu atau klien yang sedang mengalami masalah. Sehingga ibu Ayu menyatakan bahwasanya menjadi guru BK adalah sebuah anugerah yang sangat luar biasa.

About suci habibah

Check Also

PENGENALAN BUDAYA AKADEMIK KAMPUS (PBAK) MAHASISWA BARU PROGRAM STUDI BIMBINGAN KONSELING PENDIDIKAN ISLAM TAHUN 2024/ 2025

 Kamis, 29 Agustus 2024. Prodi Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam menyelenggarakan  Acara Pengenalan Budaya Akademik …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *