PENGABDIAN MASYARAKAT SEKALIGUS PRAKTIKUM MATA KULIAH TEKNIK KONSELING 1(Mengenal Anak Jalanan dan Prospek Layanan Konseling)

Kamis, 23 Mei 2024  telah berlangsung kegiatan pengabdian masayarakat oleh dosen Program Studi Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam (BKPI) sekaligus praktikum mata kuliah teknik laboratorium 1 oleh Mahasiswa/i program studi BKPI semester 4B di Panti Asuhan Baiturrahmah, Jl. Raya Pekanbaru-Bangkinang No. KM. Rimba Panjang, Kec. Tambang, Kabupaten Kampar, Riau.

Kegiatan ini berlangsung pada pukul 08.30-10.00 WIB dan mengangkat tema “mengenal anak jalanan dan prosepk layanan konseling”.  Kegiatan ini merupakan kolaborasi antara dosen Pengabdian Masyarakat, dosen Pengampu Mata Kuliah Teknik Laboratorium Konseling 1, dan Kepala Labor Bimbingan dan Konseling (BK) Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Acara dibuka secara langsung oleh ibu Raja Rahima MRA, S.Pd. I., M.Pd. Kons., selaku kepala labor BK FTK dan dihadiri oleh bapak Dr. Tohirin, M.Pd., ibu Dra, Suhertina, M.Pd., selaku dosen Pengabdian Masyarakat, ibu Nur’aini Safitri., S.Pd.I., M.Pd., Kons., selaku dosen Pengampu Mata Kuliah Teknik Laboratorium Konseling 1, ibu Sri Wahyuni selaku perwakilan dari Dinas Sosial Pekanbaru, dan Rizky Adib Kurniaqil selaku perwakilan dari tim labor BK. Kehadiran Program Studi BKPI disambut hangat oleh pihak Yayasan Baiturrahmah yang dalam hal ini disampaikan langsung oleh ketua Yayasan Baiturrahmah buya Nasri Ginting, S.Pd.I.

Kegiatan pengabdian ini melibatkan mahasiswa Program Studi BKPI semester 4B sebanyak 31 orang mahasiswa/i dan dihadiri sebanyak 32 orang anak panti. Tujuan dilaksanakannya kegiatan ini yaitu untuk melakukan pengabdian kepada masyarakat, memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk melakukan praktik konseling dengan menggunakan teknik art therapy kepada anak-anak panti secara langsung, dan membantu untuk mengentaskan permasalahan yang dialami oleh anak-anak Panti Asuhan Baiturrahmah.  

Pelaksanaan konseling individual dengan menggunakan teknik art therapy kepada anak-anak Panti Asuhan Baiturrahmah merupakan salah satu upaya untuk pengembangan konseling populasi khusus. Praktik konseling ini memberi kesempatan kepada mahasiswa/i untuk meningkatkan kapasitasnya sebagai calon guru BK/konselor yang dapat melaksanakan layanan konseling kepada berbagai klien, tidak hanya untuk klien pada setting sekolah tetapi juga siap memberikan layanan konseling kepada klien-klien yang ada di setting luar sekolah.

Hasil dari kegiatan ini yaitu tergalinya informasi tentang permasalahan yang dialami oleh anak-anak Panti Asuhan Baiturrahmah yang selama ini hanya bisa mereka pendam sendiri. Anak-anak panti meluapkan dan mengeskpresikan segala apa yang mereka pikirkan dan rasakan melalui gambar dan berbagai bumbu-bumbu dapur yang telah dipersiapkan oleh mahasiswa/i Program Studi BKPI seperti merica, ketumbar, beras, dan lain-lain.  Seluruh anak panti mengikuti kegiatan ini dengan sangat antusias dan merasa senang atas kehadiran dari mahasiswa/i Program Studi BKPI. Semoga layanan konseling yang telah diterima oleh anak-anak panti bisa membantu dan memberikan manfaat kepada mereka khususnya dalam mengekpresikan segala permasalahan yang sedang dirasakan.

(Zahrah).

About suci habibah

Check Also

KARYA MAHASISWA BKPI PADA MATA KULIAH KEWIRAUSAHAAN DALAM BIMBINGAN DAN KONSELING

9-13 September 2024, Beberapa produk kaos dengan motif yang berhubungan dengan bimbingan konseling karya mahasiswa …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *