PRATIKUM MATA KULIAH KONSELING POPULASI KHUSUS KOLABORASI DENGAN LABOR BK FTK

Pelaksanaan Bhakti Konseling Individual dalam Rangka Pengenalan Arah Karir Warga Binaan di Masa Depan

Pekanbaru, 13 Mei 2023 Program Studi Bimbingan Konseling Pendidikan  Islam Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau melakukan Pratikum Mata Kuliah Konseling Populasi Khusus. Konseling Populasi Khusus merupakan mata kuliah yang memberikan bantuan yang dilakukan oleh konselor kepada konseli (individu atau kelompok) yang mengalami suatu masalah dengan ciri-ciri yang sama dan menempati ruang yang sama pada waktu tertentu secara khusus. Dalam kegiatan Pratikum mata kuliah konseling populasi khusus kali ini program studi Bimbingan Konseling Pendidikan Islam dan Labor Bimbingan Konseling Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau mengadakan Pratikum ke Lembaga Pembinaan Khusus Anak ( LPKA ) yang berada di Jalan Permasyarakatan No.006 Kecamatan Rumbai Barat Kota Pekanbaru Provinsi Riau.

Kegiatan ini dimulai dengan Keberangkatan Mahasiswa BKPI semester 6 beserta pada dosen Program Studi Bimbingan Konseling Pendidikan Islam ke Lembaga Pembinaan Khusus Anak  ( LPKA ) Kelas II A Pekabaru sambutan hangat di berikan pihak LPKA ketika rombongan Program Studi BKPI Sampai di LPKA. Kegiatan Praktikum kali ini serentak dengan kegiatan pemgabdian Masyarakat yang dilakukan Program Studi Bimbingan Konseling Pendidikan Islam.

Dalam Kegiatan Konseling Individual ini dosen mata kuliah Konseling Populasi Khusus yaitu Ibu Dr. Amirah Diniyati M.Pd Kons dan Ibu   Nur Aini Syafitri berkoordinasi dengan Ibu Raja Rahimah selaku kepala Labor Bimbingan Konseling Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau mengarahkan agar setiap mahasiswa diberikan 1 sampai 2 anak untuk di konseling, dalam konseling yang dilakukan mahasiswa membahas tentang bagaimana rencana serta pengenalan arah karir  masa depan kepada anak- anak binaan karna seperti yang kita tau ketika sudah selesai dari LPKA ini anak- anak binaan akan kembali ke masyarakat seperti sedia kala. Oleh karna itu konseling kali ini lebih ke bagaimana mengenalkan arah karir kepada meraka, konseling berjalan dengan lancar  tak sedikit anak binaan yang terbuka kepada mahasiswa, tak hanya terbuka tentang karir ada juga anak- anak binaan yang menceritakan masalahnya kepada mahasiswa. Demikian lah kegiatan Pratikum Mata Kuliah Konseling Populasi Khusus yang berkolaborasi dengan Labor BK Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau semoga kegiatan ini bisa selalu dilakukan dan bermanfaat bagi semuanya.

Amel

About suci habibah

Check Also

KARYA MAHASISWA BKPI PADA MATA KULIAH KEWIRAUSAHAAN DALAM BIMBINGAN DAN KONSELING

9-13 September 2024, Beberapa produk kaos dengan motif yang berhubungan dengan bimbingan konseling karya mahasiswa …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *